DBAsia News

5 Andalan Timnas Spanyol Era Enrique

Luis Enrique

DBasia.news – Luis Enrique telah menjalani debut sebagai pelatih timnas Spanyol. Enrique melalui debut dengan manis setelah menang saat bertamu ke markas Inggris.

Timnas Spanyol bertandang ke Stadion Wembley pada laga perdana UEFA Nations League. Tim Matador berhasil membawa pulang tiga poin dari kemenangan tersebut.

Kemenangan 2-1 atas Inggris tersebut merupakan debut Luis Enrique bersama timnas Spanyol. Maklum, Enrique baru ditunjuk setelah La Roja tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Hasil tersebut membuat banyak pihak optimistis Luis Enrique sebagai orang yang tepat untuk menangani timnas Spanyol. Enrique bisa mengembalikan kejayaan juara Piala Dunia 2010 itu.

Mengawali karier di timnas Spanyol dengan impresif, Luis Enrique juga beruntung punya pemain-pemain berkelas di setiap lini. La Roja memang tidak kekurangan pesepak bola berbakat.

Dari semuanya, terdapat lima yang setidaknya bisa menjadi pemain kunci timnas Spanyol era Luis Enrique. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah daftarnya:

Diego Costa

 

Sempat tersia-sia di Chelsea, Diego Costa langsung menemukan ketajaman saat kembali ke Atletico Madrid. Costa juga tampil impresif bersama timnas Spanyol.

Pada Piala Dunia 2018, Costa merupakan satu dari sedikit pemain timnas Spanyol yang mampu tampil impresif. Penyerang berdarah Brasil itu mencetak tiga gol dari empat laga.

Beruntung, Luis Enrique menyukai penyerang dengan tipe seperti Costa. Saat masih menangani Barcelona, Enrique memiliki sosok seperti itu dalam diri Luis Suarez.

Gerard Pique

 

Nama Gerard Pique selalu masuk ke dalam daftar satu di antara bek terbaik dunia. Kedatangan Luis Enrique ke timnas Spanyol merupakan saat tepat untuk Pique.

Keduanya sempat bekerja sama ketika sama-sama masih di Barcelona. Kombinasi Pique dan Luis Enrique sempat membantu Blaugrana memenangi treble winners pada musim 2014-2015.

Pique juga menjadi jantung pertahanan di timnas Spanyol. Tentunya Luis Enrique telah mengetahui kemampuan terbaik suami dari penyanyi Shakira tersebut.

David De Gea

 

Piala Dunia 2018 rupanya memberikan kenangan buruk untuk David De Gea. Selama dan setelah tampil dalam kompetisi tersebut, De Gea bermain inkonsisten.

Akan tetapi, De Gea menunjukkan performa terbaiknya saat timnas Spanyol menang 2-1 atas Inggris. Artinya, Luis Enrique mampu mengeluarkan potensi sejati kiper Manchester United itu.

Menilik usianya, De Gea masih cukup muda untuk seorang kiper. Luis Enrique memiliki pengalaman mengasah baka kiper, seperti Marc-Andre ter Stegen di Barcelona.

Sergio Busquets

 

Ketika masih menangani Barcelona, Luis Enrique mengandalkan Sergio Busquets untuk mengawal lini tengah. Kini, keduanya kembali bekerja sama di timnas Spanyol.

Bahkan, Luis Enrique merupakan sosok yang mengembangkan bakat milik Busquets. Gelandang Barcelona itu membuktikan kualitasnya selama ditangani oleh Enrique.

Busquets memiliki bakat luar biasa sebagai seorang gelandang. Selain itu, dia juga mampu mendikte permainan serta mengontrol tempo pertandingan.

Sergio Ramos

 

Sergio Ramos merupakan pemimpin hebat di atas lapangan. Buktinya, Ramos menjabat sebagai kapten di timnas Spanyol dan Real Madrid saat ini.

Bersama Busquets, Ramos merupakan palang pintu pertahanan timnas Spanyol. Keduanya terbukti bisa kompak meski membela klub yang bersaing ketat.

Keberadaan Ramos bisa membuat Luis Enrique lebih tenang. Pasalnya, Ramos terbukti bisa memimpin timnas Spanyol dengan baik sejak ditunjuk menjadi kapten.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?