DBAsia News

4 Fakta Buffon yang Jarang Diketahui

DBasia.news –  Gianluigi Buffon resmi bergabung dengan klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Buffon yang didatangkan secara gratis diikat dengan kontrak berdurasi satu tahun.

Ini merupakan pertama kalinya kiper berusia 40 tahun itu membela klub di luar Italia. Sepanjang 23 tahun berkarier, Buffon hanya membela dua klub, Parma dan Juventus.

Berikut fakta-fakta menarik Gianluigi Buffon yang tidak banyak diketahui.

  1. Darah Atlet Tangguh

Ibunya, Maria Stella adalah atlet lempar cakram yang pernah pemegang rekor Italia selama 17 tahun. Sang ayah, Adriano adalah juara junior Italia di cabang tolak peluru.

Sedangkan kedua kakak perempuannya, Guendalina dan Veronica adalah atlet voli profesional. Sementara mantan kiper AC Milan dan Italia, Lorenzo Buffon merupakan sepupu dari kakeknya.

  1. Fobia Lebah

Namun sepak bola membuatnya berhasil mengalahkan rasa takutnya. Seperti yang dikisahkan mantan pelatih Juventus, Fabio Capello.

“Sebelum pertandingan pelatih kiper mengatakan kepada saya Buffon tak bisa tampil. Dia tidak bisa menjatuhkan diri karena terlalu banyak lebah,” cerita Capello.

“Oke tidak masalah. Saya katakan, bilang kepada kiper lain untuk bersiap. Sepuluh detik kemudian, Buffon mengatakan kepada saya jika fobianya sudah hilang. Itu karena dia benar-benar ingin bermain.”

  1. Suporter Borussia Monchengladbach

Percaya atau tidak, Buffon adalah suporter klub Jerman, Borussia Monchengladbach. Buffon mengatakan saat kecil dia acap kesulitan mengucapkan nama klub secara benar. “Sekarang sudah lebih baik.”

Ketika Juventus bertemu Gladbach di Liga Champions musim 2015/16, Buffon memberikan sarung tangannya kepada fans klub Jerman itu. Gladbach kemudian mengirimkan syal bertuliskan ‘A German team’.

  1. Awalnya Sebagai Pemain Tengah

Saat mulai bermain sepak bola, Buffon berposisi sebagai gelandang. Dia memutuskan menjadi kiper setelah melihat kiper Kamerun, Thomas N’Kono, yang hingga kini menjadi idolanya. Karena itu pula Buffon menamai anak pertamanya Louis Thomas. Sedangkan anak keduanya diberi nama David Lee, untuk menghormati vokalis Van Halen, David Lee Roth.

Topik:

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?