DBAsia News

Tumbangkan Luksemburg, Santos Yakin Portugal Bisa Pertahankan Gelar Juara Piala Eropa

DBasia.news –  Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos mengklaim bahwa timnya akan mempertahankan gelar juara Piala Eropa 2020 mendatang. Kemenangan atas Luksemburg dengan skor 2-0 pada Senin (18/11) dinihari WIB, berhasil membuat Portugal lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

“Kami adalah kandidat juara pada Piala Eropa nanti walaupun kami tak pernah mengklaim sebagai favorit juara,” ucap Ferdando Santo seperti dikutip dari A Bola setelah laga lawan Luksemburg.

Dia menambahkan, “Timnas Portugal punya kualitas. Ketika mampu menyatukan kreativitas, kualitas, dan keindahan, serta pada saat bersamaan menyadari perlu hal lain pada kesempatan tertentu, Portugal secara praktis tak akan dapat dikalahkan.”

Fernando Santos pun menegaskan, Seleccao das Quinas punya semua syarat untuk kembali mengulangi sukses di EURO 2020. “Tidak mudah mengalahkan Portugal. Kami punya semua syarat untuk mampu menjalani Piala Eropa dengan baik,” kata dia.

Bagi Fernando Santos, perjalanan Cristiano Ronaldo cs. pada Piala Eropa 2020 nanti tak jauh beda dengan empat tahun silam di Prancis. “Status kami tetap sama. Ketika kami pergi ke EURO 2016, banyak orang menuding saya gila karena mengatakan Portugal adalah kandidat juara,” ucap pelatih berumur 65 tahun itu.

Keyakinan Fernando Santos juga didasarkan pada satu hal, yakni kesuksesan akhir-akhir ini. Dia mengingatkan, timnas Portugal telah meraih dua trofi dalam empat tahun terakhir. Selain juara EURO 2016, Seleccao das Quinas juga menjuarai UEFA Nations League 2019.

Mempertahankan gelar pada perhetalan Piala Eropa bukan hal mudah. Baru timnas Spanyol yang mampu melakukan hal itu. La Furia Roja juara beruntun pada 2008 dan 2012. Sebelumnya, Uni Soviet dan Jerman Barat gagal melakukan hal itu. Uni Soviet, sang juara EURO 1960, hanya runner-up pada 1964. Jerman Barat, juara EURO 1972, mengulani hal itu pada 1976.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?