DBAsia News

Terkuak Proyeksi Keuangan Barcelona Musim 2018-19

Barcelona

DBasia.news – Musim 2018/19 baru berjalan belum dua bulan tapi proyeksi keuangan FC Barcelona sudah bisa dihitung. Sebenarnya tak terlalu sulit juga lantaran semua pemasukan sudah diketahui. Sebut saja dari sponsor, bagi hasil La Liga, hak siar, tiket, sampai penjualan pemain.

Semua komponen pemasukan itu bahkan sudah bisa dihitung sebelum musim dimulai. Seperti berita yang dilansir oleh tsn.ca, untuk musim 2018/19 ini, Barca akan mendapatkan pemasukan sebesar 960 juta euro (sekitar Rp 16,8 triliun).

Dari jumlah itu, pengeluaran Barca akan mencapai 929 juta euro. Itu sama saja lebih dari 95 persen dari nilai pemasukan. Ini jadi konsekuensi sebuah tim besar, maka pengeluaran pun pasti besar. Itu banyak dihabiskan untuk pembelian pemain, gaji pemain, dan operasional selama musim kompetisi.

Pengeluaran pun juga sudah bisa diperhitungkan lantaran komponennya hampir sama dari musim ke musim. Selain 929 juta euro itu, ada beberapa item biaya-biaya, sehingga diperkirakan laba bersih Barca hanya 11 juta euro. Ini yang benar-benar keuntungan murni. Untuk biaya-biaya dan pengeluaran sudah dianggarkan.

Jika perhitungan kasar ini meleset, kemungkinan Barca akan mendapat tambahan angka pada keuntungan tapi jumlahnya tidak banyak. Barca mematok target, paling lambat di untuk 2020/21, mereka bisa mendapatkan pemasukan di atas 1 miliar euro. Dengan demikian, keuntungan bersihnya bisa lebih besar

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?