DBAsia News

Terancam Gagal ke Piala Dunia 2022, Uruguay Pecat Oscar Tabarez

DBasia.news – Timnas Uruguay memecat pelatih Oscar Tabarez setelah 15 tahun melatih timnas ini menyusul serangkaian hasil mengecewakan dalam kualifikasi Piala Dunia 2022.

 Uruguay masih tercecer di peringkat ketujuh saat kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL menyisakan empat laga tersisa. Padahal hanya lima tim teratas yang berhak melaju ke putaran final.

Dari 14 laga yang sudah dijalani, Uruguay baru mengemas 16 poin. La Celeste membukukan empat kemenangan, empat kali imbang, dan enam kekalahan.

Pada jeda internasional yang baru berakhir, Uruguay menelan dua kekalahan beruntun. Hal ini yang menjadi pemicu lengsernya Tabarez.

Komite Eksekutif AUF menginformasikan telah mengambil keputusan untuk mengakhiri kontrak Oscar Washington Tabárez dan anggota staf pelatih Tim Nasional Senior lainnya,” bunyi pernyataan resmi federasi sepak bola Uruguay (AUF).

“Komite Eksekutif AUF telah membuat keputusan sulit ini dalam situasi saat ini, berkomitmen dalam waktu dekat dan memperoleh hasil yang kita semua harapkan.”

Pemecatan Tabarez cukup mengejutkan karena yang bersangkutan sudah menangani Uruguay selama 15 tahun. Ia juga berperan penting mengorbitkan nama-nama seperti Luis Suarez, Edinson Cavani, Diego Forlan, hingga Fernando Muslera.

Tabarez juga mampu mempersembahkan satu trofi Copa America pada 2011 silam. Ia juga tak pernah absen membawa Uruguay tampil di putaran final Piala Dunia.

“Kami dengan tegas menyatakan bahwa keputusan ini tidak berarti mengabaikan kontribusi penting Tabárez untuk sepak bola Uruguay. Kami salut dan mengakui prestasi olahraga mendasar yang diperoleh dalam 15 tahun ini, yang sekali lagi menempatkan Uruguay di tempat pertama di dunia sepak bola,” sambung pernyataan AUF.

“Kami menyampaikan rasa hormat dan penghargaan kami atas profesionalisme dan dedikasi selama proses kerja yang panjang dan warisan tak ternilai yang ditinggalkan oleh tahap yang bermanfaat ini dalam sejarah Tim Nasional.”

Peluang Uruguay untuk tampil di Qatar sebenarnya masih terbuka. Mereka hanya berjarak satu poin dari peringkat keempat yang merupakan batas terakhir untuk meraih tiket otomatis.

Dengan materi pemain yang mumpuni, Uruguay harusnya bisa melanjutkan tradisinya untuk tampil di putaran final Piala Dunia. Menarik ditunggu siapa yang akan ditunjuk sebagai pengganti Tabarez.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?