DBAsia News

Tekuk Boca di Bernabeu, River Plate Juara Copa Libertadores 2018

River Plate Juara Copa Libertadores

DBasia.news – Pertandingan final Copa Libertadores 2018 yang sempat tertunda akhirnya berlangsung di Santiago Bernabeu, Senin (10/12) dini hari WIB. River Plate keluar sebagai juara usai mengalahkan musuh bebuyutan, Boca Juniors.

River menang telak 3-1 dan unggul agregat gol 5-3 setelah leg pertama berakhir sama kuat 2-2. River besutan Marcelo Gallardo sukses merengkuh titel Copa Libertadores edisi ke-59, sekaligus keempat untuk klub yang sebelumnya diraih pada 1986, 1996, dan 2015.

Seperti yang telah diketahui, pertandingan berlangsung di Bernabeu, yang notabene markas ​Real Madrid, karena situasi tak memungkinkan laga digelar di El Monumental, markas River, setelah insiden pelemparan benda-benda ke bus yang ditumpangi Boca oleh fans River yang membuat beberapa pemain terluka.

Pasca melalui proses diskusi yang panjang, CONMEBOL memutuskan laga digelar di Santiago Bernabeu. Pertandingan memang berlangsung sengit dengan tajuk Superclasico, karena kedua tim merupakan klub terbesar dan bersejarah Argentina.

Pada 30 menit pertama, River mampu mendominasi penguasaan bola dan Boca mengandalkan serangan balik. Kedua tim cukup sulit membangun serangan dengan baik dan terkesan buru-buru bermain, melepaskan umpan lambung panjang ke depan.

Keunggulan baru terbuka di menit 44. Striker Boca, Dario Benedetto, sukses melalui hadangan Jonathan Maidana kala menyambut operan Nahitan Nandez, dan mencetak gol pertama di laga ini. Boca unggul 1-0 di paruh pertama.

 

River Plate Juara Copa Libertadores


Di babak kedua, River coba membalasnya dan Gallardo memasukkan Juan Fernando Quintero di menit 58. Boca asuhan Gullermo Barros Schelotto juga mengganti sang pencetak gol, Benedetto, dengan Ramon Abila di menit 62.

Tekanan yang dilangsungkan River akhirnya berbuah gol penyama kedudukan di menit 68. Permainan cepat terjadi antara Ignacio Fernandez dengan Enzo Perez, yang berakhir dengan assist Fernandez kepada Lucas Pratto. Ia mengonversinya jadi gol, 1-1.

Kedudukan masih sama kuat hingga waktu normal 90 menit berakhir di babak kedua. Pergantian pemain kedua, Camilo Mayada masuk di River menggantikan Gonzalo Montiel, sementara Schelotto memasukkan eks pemain Madrid yang tahu atmosfer Bernabeu, Fernando Gago, menggantikan Pablo Perez.

Pada babak tambahan drama semakin menjadi pasca kartu merah yang diterima Wilmar Barrios. Ia menerima dua kartu kuning di laga ini. Schelotto langsung memasukkan Leonardo Jara untuk menggantikan Sebastian Villa di menit 96.

River langsung berusaha memanfaatkan keunggulan pemain mereka dengan meningkatkan intensitas serangan dan bermain dengan tambahan tenaga segar, Julian Alvarez yang masuk menggantikan Exequiel Palacios.

Alhasil, River akhirnya mampu unggul di menit 109 melalui gol yang dicetak Quintero. Assist diberikan oleh Mayada yang melihat celah di pertahanan Boca. Dua pemain pengganti bekerja sama atas terciptanya gol kedua River. Kedudukan berubah 2-1.

Pertandingan pun telah berakhir di menit 120+2. Kemelut di muka gawang Boca dari situasi sepak pojok, berhasil dimanfaatkan Gonzalo Martinez untuk mengubah kedudukan jadi 3-1. Laga berakhir. River menang 3-1 dan unggul agregat gol 5-3.

Susunan Pemain:

River Plate (4-1-4-1): Franco Armani; Gonzalo Montiel (Camilo Mayada 74’), Jonathan Maidana, Javier Pinola, Milton Casco; Leonardo Ponzio (Juan Fernando Quintero 58’); Ignacio Fernandez (Bruno Zuculini 111’), Enzo Perez, Exequiel Palacios (Julian Alvarez 97’), Gonzalo Martinez; Lucas Pratto.

Pemain Cadangan: German Lux, Lucas Martinez Quarta, Camilo Mayada, Bruno Zuculini, Juan Fernando Quintero, Rodrigo Mora, Julian Alvarez.

Pelatih: Marcelo Gallardo

Boca Juniors (4-3-3): Esteban Andrada; Julio Buffarini (Carlos Tevez 111’), Carlos Izquierdoz, Lisandro Magallan, Lucas Olaza; Nahitan Nandez, Wilmar Barrios, Pablo Perez (Fernando Gago 89’); Sebastian Villa (Leonardo Jara 96’), Cristian Pavon, Dario Benedetto (Ramon Abila 62’).

Pemain Cadangan: Agustin Rossi, Paolo Goltz, Fernando Gago, Leonardo Jara, Ramon Abila, Mauro Zarate, Carlos Tevez.

Pelatih: Guillermo Barros Schelotto

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?