DBAsia News

Suporter Borussia Dortmund Disanksi Otoritas Bundesliga

DBasia.news –  Bundesliga secara resmi memberikan sanksi berupa larangan menonton selama tiga tahun terhadap supporter Borussia Dortmund. Fans Die Borussen dilarang menonton selama tiga tahun jika tim kebanggaan mereka harus bertandang ke markas Hoffenheim, Rhein-Neckar-Arena.

Keputusan ini diambil otoritas Bundesliga untuk mencegah terjadinya bentrok antar kedua suporter.

Dikutip dari ESPN, Kamis (20/2/2020) pihak Dortmund kabarnya tidak akan melakukan naik banding terhadap keputusan tersebut. Pasalnya dalam rentang waktu dua tahun ke belakang, kedua suporter selalu terlimbat insiden.

Pada November 2018 lalu, Dortmund mendapat denda 50 ribu euro dan larangan tiga pertandingan tandang ke Hoffenheim karena ulah suporternya. Keputusan tersebut diambil karena suporter Dortmund membentangkan spanduk ancaman yang ditujukan kepada Dietmar Hopp, pemilik Hoffenheim.

“Kami mendesak otoritas Bundesliga untuk memberikan sanksi berat kepada Dortmund karena ulah suporternya itu. Spanduk yang mereka bentangkan berisi hasutan untuk berbuat kriminal,”

Awal mula ketidaksukaan suporter Dortmund kepada Hoffenheim dan Hopp terjadi pada 2008 lalu. Saat itu, Hopp yang merupakan milioner perusahaan software itu mengambil alih Hoffenheim.

Suporter Dortmund menganggap bahwa langkah tersebut bisa merusak budaya Bundesliga utamanya soal aturan 50+1, aturan yang mengharuskan saham klub Bundesliga 50 persen harus dikuasai basis suporter.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?