DBAsia News

Steven Gerrard Akui Dapat Wejangan dari Jurgen Klopp

DBasia.news –  Steven Gerrard, legenda Liverpool, mendapatkan wejangan dari Jurgen Klopp soal karier kepelatihan.

Steven Gerrard, 39 tahun, baru memulai karier kepelatihan selama dua tahun dengan klub Skotlandia, Rangers. Dalam beberapa kesempatan Gerrard sempat berbicara kepada Klopp dan meminta saran darinya.

“Hal terbaik yang pernah saya lakukan adalah menjauh dari kamera (media) pada awalnya,” ucap Gerrard dikutip dari Goal.

“Saya benar-benar berbicara jujur dan terbuka dengan Jurgen Klopp selama beberapa jam dan saran yang dia berikan kepada saya adalah ‘ Jangan membahas ini sebagai Steven Gerrard dengan nama di punggung Anda’.”

“Kembalilah ke awal dan lepaskan kembali seperti mobil. Dapatkan kepercayaan diri Anda dan terbiasa dengan taktik dan formasi yang berbeda. Cobalah berbagai hal, buat kesalahan dan lakukan kesalahan yang mengerikan.”

Gerrard mengaku belajar banyak dari Klopp yang dahulunya juga menjalani karier sebagai pesepakbola profesional. Selain itu dia juga belajar banyak dari mantan-mantan pemain top yang menjadi pelatih namun pada akhirnya tak berhasil.

“Eksperimen dan lakukan semua hal ini jauh dari kamera tetapi sebelum Anda menguji diri di Liga Europa, sebelum Anda menguji diri di depan ribuan dan ribuan penggemar – tempatkan diri Anda pada posisi yang lebih baik sebelum Anda masuk ke sana,” imbuh Gerrard.

“Karena saya telah melihat banyak pemain sepak bola tenar masuk ke sana (banting setir ke dunia kepelatihan) dan itu tidak berhasil.”

“Itu adalah nasihat terbaik. Saya pikir saya tidak akan pernah mendapatkan nasihat yang lebih baik dari itu. Lupakan semuanya (ketika masih bermain) dan memulainya dari awal.”

“Saya telah membuat kesalahan selama beberapa tahun terakhir sebagai manajer Rangers tetapi triknya adalah belajar darinya. Tapi ini adalah pekerjaan yang mustahil untuk tidak membuat kesalahan karena Anda menghadapi banyak pelatih bagus lainnya,” urai Gerrard.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?