DBAsia News

Sindrom Ketiga Jose Mourinho dan Calon Penggantinya

Jose Mourinho

DBasia.news – Man United mengulangi awalan terburuk dari tujuh laga awal Premier League sejak musim 2013-14 (10 poin dari tujuh laga Premier League). Penampilan tim juga sangat buruk: tanpa arah, monoton, dan tidak bergairah dalam permainannya.

Segala pembicaraan mengenai sindrom ketiga Jose Mourinho – yang biasanya berujung pemecatan – lambat laun mulai menjadi kenyataan di Manchester United. Kekalahan 1-3 dari West Ham United di Premier League tengah pekan lalu semakin memperkeruhnya.

Gestur pemain-pemain Man United seolah membenarkan adanya masalah internal di ruang ganti pemain. Masalah itu melibatkan hubungan tidak baik Mourinho dengan Pogba dan Mourinho dengan jajaran direksi. Suasana semakin parah ketika video perselisihan Pogba-Mourinho di sesi latihan tersebar luas ke publik.

Gangguan itu memengaruhi permainan tim secara menyeluruh. Seruan dengan tagar #MourinhoOut juga meramaikan Twitter pasca kekalahan dari West Ham. Mourinho masih melatih saat ini, tapi siapa yang mau menjamin ia akan bertahan hingga akhir musim ini? David Moyes juga dipecat kala musim 2013-14 masih berlangsung.

Jadi, andai Mourinho dipecat di tengah bergulirnya musim 2018-19, apa opsi realistis bagi manajemen menunjuk penggantinya? Atau, siapa yang cukup berani menangani Man United dengan kondisinya saat ini?

  1. Michael Carrick

Opsi yang paling sangat realistis bagi Man United jika memecat Mourinho dalam waktu dekat ini. Michael Carrick memang baru memulai karier kepelatihannya dan menjadi asisten manajer Man United setelah pensiun musim lalu.

Akan tapi jika melihat Ryan Giggs yang jadi manajer interim Man United di musim 2013-14, kala Moyes dipecat, Carrick bisa saja melakukannya sampai akhir musim. Mengenal dapur klub setelah bermain selama 12 tahun di Old Trafford dan dihormati pemain tim, Carrick punya modal kuat sebagai pengganti Mourinho.

  1. Zinedine Zidane

Kandidat kuat pengganti Mourinho yang dielukan fans Man United untuk segera datang ke Old Trafford. Zinedine Zidane juga tak lagi melatih sejak meninggalkan Real Madrid musim lalu dengan catatan fantastis: tiga titel Liga Champions, satu La Liga, dua Piala Super Eropa, dua Piala Dunia Antarklub, dan satu Piala Super Spanyol.

Berusia 46 tahun, Zidane memang tak punya banyak pengalaman melatih klub-klub Eropa. Kendati demikian, sejarahnya sebagai ikon sepak bola dunia diyakini sudah cukup melatih United. Rumor semakin menyebar setelah adanya kabar Zidane tengah belajar bahasa Inggris.

Pertanyaannya adalah, maukah Zidane melatih Man United di tengah musim? Tanpa latihan dan persiapan yang bisa dilakukan di pramusim, plus minimnya kemampuan Zidane berbahasa Inggris.

  1. Laurent Blanc

Satu lagi figur yang cukup mengenal Man United. Laurent Blanc pernah membela Setan Merah pada medio 2001-2003 dan saat ini tidak melatih klub mana pun, setelah sebelumnya melatih Girondins Bordeaux, timnas Prancis, dan Paris Saint-Germain (PSG).

Blanc lebih berpengalaman dibanding Carrick dan Zidane. Namun, ia tidak lagi melatih klub dalam waktu dua tahun terakhir. Menjadikannya pengganti Mourinho tentunya terlalu berisiko bagi Man United.

  1. Rene Meulensteen

Pria asal Belanda ini juga bisa menjadi kandidat potensial untuk melatih Man United, setidaknya sampai akhir musim ini. Selain berpengalaman melatih banyak klub dan dalam kariernya, Rene Meulensteen juga pernah jadi asisten manajer Sir Alex Ferguson pada medio 2007-2013.

Tidak ada yang mengenal betul bagaimana sosok Ferguson sebaik pengetahuan Meulensteen. Pelatih berusia 54 tahun bisa jadi Guus Hiddink-nya Chelsea yang kerapkali diandalkan ketika The Blues memecat manajer di tengah musim.

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?