DBAsia News

Sempat Dapat Tawaran Melatih Barcelona, Koeman Tetap Pegang Janji Besut Timnas Belanda

DBasia.news – Mimpi Ronald Koeman untuk menangani Barcelona harus tertunda. Ia berharap suatu saat bisa mendapatkan pekerjaan itu. Menurutnya pekerjaan di Barcelona mengharuskan pelatihnya memiliki banyak pengalaman.

Koeman berpeluang menangani Barcelona pada musim panas ini usai gelaran Piala Eropa 2020. Ia sudah menjalin komunikasi dengan manajemen El Barca dan mendapat restu dari federasi sepak bola Belanda.

“Dalam kontrak saya, ada klausul yang memungkinkan saya meninggalkan tim nasional setelah Piala Eropa. Namun sekarang bukan saatnya untuk memikirkan hal itu,” kata Koeman kepada Radio Catalunya.

Koeman sebenarnya sudah mendapat tawaran untuk menangani Barcelona sejak Januari lalu. Ia disiapkan sebagai pengganti Ernesto Valverde yang dipecat.

Namun Koeman tak bisa menerimanya karena merasa masih punya tugas dengan Timnas Belanda. Maka dari itu ia meminta Blaugrana untuk menunggu hingga musim panas.

Permintaan tersebut nampak disetujui oleh Barcelona. Hal itu terlihat dari penunjukan Quique Setien sebagai pengganti Valverde.

Setien diberi kontrak selama enam bulan. Pria berusia 61 tahun itu seperti hanya dijadikan pelatih sementara sampai Koeman tiba.

Sayangnya rencana tersebut hancur berantakan setelah Pelaksanaan Piala Eropa diundur setahun ke depan. Hal itu tak lepas dari pandemi virus corona yang masih berlangsung hingga saat ini.

Koeman pun mengaku pasrah dengan situasi ini. Ia tak yakin Barcelona mau menunggunya lebih lama lagi.

“Semua orang tahu melatih Barcelona adalah impian saya. Semoga saya dapat memiliki kesempatan untuk melakukannya di masa depan” tambahnya.

Barcelona kemungkinan sudah bergerak mendekati nama lain ditunjuk menangani Lionel Messi dan kawan-kawan musim depan. Opsi lain adalah memperpanjang kontrak Setien.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?