DBAsia News

Ronald Koeman Janji Berikan Permainan yang Atraktif di Barcelona

DBasia.news – Pelatih anyar Barcelona, Ronald Koeman berbicara kepada Barca TV mengenai berbagai hal mulai dari comeback-nya ke klub hingga filosofi sepak bola yang ingin diterapkannya. Koeman ingin Barcelona memainkan sepak bola bagus yang dapat menghibur fans.

Koeman (57 tahun) ditunjuk melatih Barca usai pemecatan kepada Quique Setien selepas kekalahan 2-8 dari Bayern Munchen di Liga Champions. Kekalahan itu mempertegas krisis dalam kubu Barcelona yang juga gagal mempertahankan titel LaLiga.

Di antara banyak kandidat pelatih Barca dari Massimiliano Allegri, Xavi Hernandez, Mauricio Pochettino, hingga Laurent Blanc, Barca menunjuk Koeman. Bukan tanpa alasan Barca memilihnya. Koeman eks bek Barca medio 1989-1995 dan sarat pengalaman melatih.

Selain itu latar belakang Koeman sebagai pelatih asal Belanda turut berpengaruh atas pemilihan tersebut. Bukan rahasia umum lagi jika filosofi sepak bola Barca ala total football dikembangkan oleh legenda asal Belanda, Johan Cruyff yang juga pernah jadi pelatih Koeman.

“Barcelona seperti rumah bagi saya. Ketika saya kembali ke kota sebelumnya, ada sesuatu yang hilang, karena saya tidak di sini untuk bekerja di FC Barcelona. Sekarang saya di sini sebagai pelatih dan itu membuat saya sangat bahagia,” tutur Koeman.

“Hal terpenting, apakah Anda seorang pelatih, pemain, atau karyawan di Barça, adalah mengetahui bahwa Anda adalah klub terbaik di dunia. Tidak ada yang lebih baik. Kami semua sangat beruntung menjadi bagian dari klub ini.”

Koeman pun tahu akan adanya ‘kewajiban’ bagi Barcelona menghibur fans dengan permainan atraktif dan sepak bola ofensif. Eks pelatih Valencia dan Everton itu coba mewujudkan hal tersebut.

“Kami memiliki kombinasi terbaik. Kami memainkan sepak bola menyerang dan memenangkan gelar. Itu selalu filosofi yang kami kejar di Barca,” imbuh Koeman.

“Kami harus memainkan sepak bola yang bagus yang akan dinikmati para penggemar. Tapi kami harus menang juga, tentu saja, itulah hal yang paling penting,” tegas dia.

Permainan ofensif dan mendominasi penguasaan bola itu penting, tetapi menurut Koeman timnya juga harus disiplin dan yang paling penting … menikmati permainan.

“Saya seorang pelatih yang suka timnya memiliki tim yang disiplin dan terorganisir dengan baik. Saya suka mendominasi permainan. Belanda suka sepak bola menyerang. Saya suka berbicara langsung dan memiliki komunikasi yang baik dengan pemain saya. Kami mengadakan pertemuan singkat jadi bahwa pesannya jelas,” tambah Koeman.

“Menurut saya pelatih yang baik perlu menikmati sepak bola. Kami mulai bermain sepak bola karena kami menyukai olahraga ini. Dan jika Anda melakukan segalanya dengan senyuman di wajah Anda, itu jauh lebih baik,” urai dia.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?