DBAsia News

Risiko Besar Jerman jika Andalkan Neuer di Piala Dunia 2018

Oliver Kahn menyebut ada risiko besar jika Manuel Neuer jadi kiper andalan utama Jerman di Piala Dunia 2018

IDNGoal.neews, Munich – Kiper legendaris Jerman Oliver Kahn menyebut ada risiko luar biasa besar jika Die Mannschaft menjadikan Manuel Neuer sebagai kiper utama di Piala Dunia 2018.

Pelatih Timnas Jerman Joachim Loew menjadikan Neuer sebagai satu dari empat kiper dalam tim sementara, yang diproyeksikan menjadi skuat untuk Piala Dunia di Rusia pada musim panas.

Neuer belum bermain lagi sejak bulan September akibat cedera, walaupun kiper Bayern Munich itu diprediksi sudah bisa tampil membela klubnya di final DFB-Pokal lawan Eintracht Frankfurt, Sabtu (19/5/2018).

“Untuk memberi penilaian, saya harus bisa melihat dirinya dalam latihan rutin. Tapi pada dasarnya nyaris mustahil untuk berpikir bahwa ia akan bisa tampil dengan baik,” kata Kahn seperti dilansir Omnisport.

“Karena pencapaian-pencapaiannya di masa lalu, ia kini masih mendapat kepercayaan. Keputusan Loew sudah tepat untuk membawanya serta dan melakukan pemantauan lebih dulu,” ucapnya.

Kahn, yang menjuarai Piala Eropa 1996 bersama timnas Jerman, menegaskan Neuer mestinya tidak jadi andalan utama di Piala Dunia 2018 mendatang. Jika pun ia bisa membuktikan kondisi di dua laga friendly jelang turnamen, Neuer mestinya jadi cadangan saja.

“Bahkan kalau ia (Neuer) nantinya mampu memainkan dua laga internasional, ini masih merupakan risiko luar biasa besar yang harus disadari semua pihak,” ujar Kahn.

“Ia juga harus bertanya kepada diri sendiri: apa benar bisa main di Piala Dunia usai absen 8 bulan? Ia harus mengambil sebuah keputusan yang harusnya sudah jelas,” tuturnya.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?