DBAsia News

Real Madrid Hat-trcik Juara Piala Dunia Antarklub 2018

Real Madrid

DBasia.news – Real Madrid berhasil menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2018. El Real berhasil hat-trick juara Piala Dunia Antarklub 2018. Kepastian ini didapat usai Real Madrid menang 4-1 atas Al Ain di ZSC Stadium, Sabtu (22/12) malam WIB.

Kemenangan itu menambah koleksi trofi Piala Dunia Antarklub Madrid menjadi empat setelah sebelumnya diraih tahun 2014, 2016, dan 2017. Plus, trofi pertama bagi Santiago Solari.

Santiago Solari menurunkan taktik 4-3-3 dengan mengandalkan trio Lucas Vazquez, Karim Benzema, dan Gareth Bale di lini depan. Sedangkan Zoran Mamic menerapkan formasi 4-2-3-1 di Al Ain dan menumpuk pemain di tengah untuk mengimbangi Madrid.

Madrid, dengan segala keunggulan kualitas individu, mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal pertandingan. Namun mereka nyaris saja kebobolan gol di menit 12 karena koordinasi buruk di lini belakang.

Marcelo melakukan operan ke belakang, namun terlalu lemah datangnya bola, hingga Hussein El Shahat merebutnya dan melewati Thibaut Courtois sebelum melepaskan tendangan. Beruntung, Sergio Ramos ada di posisi yang tepat untuk menyapunya. Selamat gawang Madrid dari kebobolan.

Dua menit berselang dari gol tersebut, Luka Modric, pemenang Ballon d’Or 2018, membuka gol di laga ini dengan sepakannya kala membelokkan bola ke sisi gawang Al Ain yang dijaga Khalid Eisa. Al Ain terlalu banyak memberinya ruang. 1-0 Madrid unggul.

Al Ain berusaha bangkit dan kesulitan mencetak gol karena penguasaan bola yang dimiliki Madrid. Bahkan, Madrid bisa saja unggul lebih banyak jika peluang dari Benzema, Vazquez, dan Bale berbuah gol.

 

Real Madrid


Tim tuan rumah mengimbangi permainan Madrid dengan baik dari sisi semangat bermain. Sayang, mereka kurang kualitas di sepertiga akhir pertahanan Madrid. Alhasil, babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Madrid.

Di paruh kedua Madrid memperlebar keunggulan di menit 60. Gol indah diciptakan Marcos Llorente ketika menyambar bola liar hasil sapuan pemain Al Ain dari situasi sepak pojok. Sepakan keras Llorente dari jarak 20 meter sukses berbuah gol kedua Madrid. 2-0.

Memasuki 75 menit pertandingan, Mamic sudah melakukan tiga pergantian pemain dengan memasukkan Yahia Nader, Mohamed Abdulrahman, dan Bandar Mohammed. Sementara Solari memainkan Dani Ceballos menggantikan Toni Kroos.

Keunggulan 2-0 semakin membuat para pemain Madrid nyaman bermain. Benar saja, gol ketiga datang di menit 78 dan membunuh laga. Ramos mencetak gol dengan ciri khasnya kala menanduk bola dari sepak pojok dari operan Modric. Al Ain tak dapat mencegahnya. 3-0 untuk Madrid.

Tsukasa Shiotani, bek Al Ain, sempat memperkecil ketertinggalan dengan gol hiburannya di menit 86. Menyambar operan Caio Fernandes dari tendangan bebas, Shiotani menanduk bola lebih cepat dari Courtois. 1-3 Al Ain memperkecil kedudukan.

Kemalangan Al Ain bertambah jelang laga bubar. Nader, yang baru masuk menggantikan Marcus Berg, mencetak gol bunuh diri ketika bola sepakan Vinicius Junior terdefleksi ke gawangnya sendiri. 4-1 untuk Madrid dan skor itu bertahan hingga laga bubar.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?