DBAsia News

Profil Atlet Asian Games 2018: Kyosuke Tagawa – Sepakbola

Kyosuke Tagaw

IDNGoal.news, Kyosuke Tagawa adalah atlet sepakbola kelahiran Fukuoka, Jepang pada tanggal 11 Februari 1999. Dia adalah penyerang dari Timnas Jepang U-23 yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Karir Profesional

Lahir di Fukuoka yang berada di selatan Jepang, Tagawa tidak memulai karir sepakbolanya di kampung halamannya. Ia tidak bergabung dengan Avispa Fukuoka malahan ia memilih bergabung dengan klub di kota Saga, yang berjarak 40 menit menggunakan kereta, yaitu Sagan Tosu.

Tagawa merupakan salah satu bakat besar yang berada di Sagan Tosu. Ia sudah tampil tajam semenjak usia belia. Berkat kecemerlangannya di level junior, pada musim 2017 Tagawa mulai berlatih dengan tim senior Sagan Tosu yang bermain di J-League yang notabene Liga utama Jepang. Ia mendapatkan debutnya di tim senior Sagan Tosu pada tanggal 5 Maret 2017. Pada saat itu ia menggantikan Takamitsu Tomiyama pada pertandingan melawan Kawasaki Frontale.

Semenjak saat itu pelatih Massimo Ficcadenti merasa senang dengan performa penyerang mudanya tersebut. Alhasil sepanjang tahun 2017, Tagawa dilibatkan di 28 pertandingan Sagan Tosu di semua kompetisi, di mana ia mencetak 4 gol bagi Sagan.

Di tahun 2018 ini, Tagawa masih masuk dalam rencana pelatih Ficcadenti. Dari total 15 pertandingan yang sudah digelar di J-League, ia bermain sebanyak 14 kali di mana 8 laga diantaranya dimulai sebagai seorang starter. Sejauh ini ia sudah mengemas 2 gol untuk Tosun di ajang J-League.

Karir Tim Nasional

Karir Tim Nasional Tagawa dimulai pada tahun 2015 silam. Di usianya yang masih 16 tahun, ia sudah diajak untuk bermain di Tim U-17 Jepang. Satu tahun kemudian, ia dipromosikan ke Tim U-18 Jepang, kendati tidak banyak informasi mengenai kiprahnya di Timnas U-17 dan Timnas U-18 Jepang.

Tagawa sendiri pertama kali dipromosikan ke Timnas U-20 Jepang pada tahun 2017 silam. Dia mendapatkan debut pada Piala Dunia U-20 2017 yang digelar di Korea Selatan, tepatnya pada pertandingan antara Jepang melawan Italia yang berakhir dengan skor 2-2. Berkat hasil itu, Timnas Jepang gagal melaju ke fase knockout setelah finish di peringkat 3 Grup D, kalah dari Uruguay dan Italia.

Meski tidak banyak berkontribusi di Piala Dunia U-20 tersebut, Tagawa masih masuk dalam proyeksi pelatih Hajime Moriyasu. Ia diikutsertakan di Piala AFC U-23, di mana ia bermain pertama kali di turnamen ini pada pertandingan pertama Grup B melawan Timnas Palestina U-23. Pada laga ini ia masuk menggantikan Ren Komatsu di menit ke 63.

Sinar Tagawa mulai nampak pada pertandingan kedua melawan Timnas Thailand U-23. Bermain sebagai starter selama 90 menit, Tagawa memberikan assist krusial kepada Ko Itakura di menit 90 sehingga Jepang menang tipis 1-0 atas Thailand di detik-detik terakhir pertandingan. Ia kemudian diistirahatkan pada pertandingan melawan Korea DPR, di mana Skuat Samurai Biru menang 3-1 atas lawannya dan lolos ke babak knockout.

Tagawa sendiri kembali dimainkan pada pertandingan perempat final melawan Timnas Uzbekistan. Berperan sebagai starter, namun Ia tidak bisa berbuat banyak saat timnya dipermak dengan skor 4-0 oleh sang lawan.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?