DBAsia News

Presiden UEFA: Aturan VAR Perlu dikaji Ulang

DBasia.news –  Kontroversi penggunaan VAR menjadi perhatian khusus presiden UEFA, Alexander Ceferin saat ini. Penggunaan VAR akan diterapkan di Premier League pada musim ini (2019-20).

Ceferin meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam penerapan aturan VAR untuk mengkaji ulang peraturannya. Pasalnya, Ceferin melihat penerapan VAR sejauh ini berantakan, apalagi jika melihat aturan offside dengan jarak satu-dua sentimeter.

“Ini (penerapan VAR) semua berantakan. Saya tidak berpikir toleransi soal satu atau dua sentimeter untuk offside. Saya pikir aturan kami sebelumnya sudah cukup,” tegas Ceferin, sebagaimana dilansir dari BBC Sport.

“Sayangnya, kami tidak memiliki banyak intervensi dalam kompetisi UEFA mengenai aturan VAR. Ini jelas kesalahan dan terus dibiarkan,” keluhnya.

Selain meminta adanya pengkajian ulang soal aturan VAR, Ceferin juga menilai wasit yang memimpin pertandingan untuk lebih tegas mengambil keputusan, berdasarkan penilaian, pengalaman, dan insting mereka untuk mengambil keputusan dengan cepat, bukan mengandalkan laporan dari tim VAR.

“Jika Anda adalah wasit di lapangan, meskipun ada ribuan orang yang menekan Anda, keputusan tetap ada di diri Anda. Bukan dari orang yang bersembunyi di suatu tempat dan menatap layar,” tambah Ceferin.

“Sekali lagi, saya sangat skeptis bahwa VAR bisa berjalan dengan baik. Faktanya hingga saat ini semua berantakan dan menimbulkan kontroversi,” pungkas dia.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?