DBAsia News

Penalti Lionel Messi yang Kontroversial

DBasia.news –  Andujar Oliver, pakar wasit di LaLiga, menilai penalti Barcelona kala menang 1-0 atas Real Sociedad seharusnya tak terjadi.

Barcelona mendapatkan perlawanan sengit dari Real Sociedad. Sejumlah peluang yang diciptakan Blaugrana gagal menembus pertahanan tim tamu.

Barca akhirnya bisa tersenyum ketika wasit Juan Martinez memberikan penalti setelah menggunakan VAR. Sang wasit menilai, Robin Le Normand melakukan pelanggaran di kotak terlarang dengan menyentuh bola menggunakan tangan. Messi yang ditunjuk sebagai algojo pun melaksanakan tugasnya dengan baik.

Penalti tersebut pun memicu kontriversi. Sebab, Le Normand selaku terdakwa dianggap tak bisa menghindari bola yang mengarah ke tangannya karena dalam posisi tidak bisa melihat arah bola. Hal tersebut dibenarkan Andujar Oliver.

“Sekali lagi, bola mengenai tangan tanpa disengaja. Pada hal ini adalah tangan Le Normand. Kemudian, itu berakhir dengan penalti. Hal tersebut hanya diterapkan di LaLiga,” umbar Andujar Oliver kepada Marca.

Sejatinya, ada faktor lain yang bisa membuat gol Barcelona tidak sah. Sebab, Arturo Vidal diduga terlebih dahulu terperangkap offside sebelum gol tercipta. Namun, wasit mengabaikan kejadian itu.

“Seharusnya, tidak ada penalti yang diberikan kepada Barcelona. Le Normand tidak mengetahui ke mana arah bola akan datang,” imbuhnya.

Sementara itu, pelatih Real Sociedad, Imanol Alguacil, bangga dengan performa anak asuhnya kendati kalah. Alguacil telah melakukan riset sebelum pertandingan untuk meredam serangan Barca.

“Tim kami melakukan pekerjaan dengan baik. Jika Barcelona tak dalam performa terbaik, itu karena kami melakukan semuanya dengan maksimal,” umbar Imanil Alguacil.

“Kami menonton video pertandingan mereka. Kami pun mengambil risiko. Apa yang kami lakukan punya banyak manfaat. Kami melukai mereka saat melakukan transisi.”

Dengan kemenangan itu, Barcelona naik ke puncak klasemen menggeser Real Madrid. Kini, Barca unggul dua poin dari El Real.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?