DBAsia News

Pemilihan Hamka Hamzah Bukan Blunder Arema FC saat Hadapi Persebaya

DBasia.news –  Pelatih Arema FC, Milomir Seslija, tampaknya sudah menduga bahwa akan ada pertanyaan terkait kebijakannya memilih Hamka Hamzah saat melawan Persebaya Surabaya di Stadion Batakan Balikpapan, Kamis (12/12) kemarin. Dalam laga itu, Arema FC kalah 1-4 dari Persebaya.

Masalahnya, kapten tim itu baru saja bergabung pada satu hari jelang pertandingan. Hamka Hamzah sebelumnya sudah absen selama 4 pertandingan Liga 1, sejak Arema FC dikalahkan Bhayangkara FC dengan skor 0-1 di Stadion PTIK Jakarta (27/11) lalu.

“Saya menurunkan Hamka karena alasan teknis. Dia seorang pemain paling berpengalaman di tim ini, dan bisa mengendalikan motivasi untuk rekan setimnya,” ujar Milomir Seslija.

Ia pun menepis anggapan bahwa sudah melakukan blunder. Hamka terlihat tampil dengan kebugaran fisik yang kedodoran, sehingga beberapa kali kalah adu lari dengan para penyerang Persebaya.

Seperti pada gol David Da Silva di menit 27, Hamka terlihat tak mampu menutup ruang gerak Da Silva yang melepaskan tendangan kencang setelah melakukan melakukan dribel bola dari lini tengah. Sedangkan pada gol pertama di menit 4, bola tendangan Aryn Williams berbelok arah setelah membentur badan Hamka.

“Lagipula, saya memilih Hamka karena banyak pemain bertahan yang absen. Keberadaannya jelas dibutuhkan pemain untuk menjaga motivasi,” tandas Milomir.

“Jadi, kekalahan ini tidak hanya disebabkan Hamka saja. Bukan tentang Hamka, tapi tentang tim ini,” lanjut Pelatih Arema FC kelahiran Bosnia berusia 55 tahun tersebut.

Hamka sendiri menjadi satu-satunya pencetak gol balasan Arema FC lewat kemelut di menit 92. Namun, Da Silva menyudahi perlawanan tim Singo Edan dengan gol keduanya tepat satu menit berselang.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?