DBAsia News

Pemain Persebaya U-19 Dinilai sebagai Titisan Jacksen F Tiago

Vengko Armedya

DBasia.news – Persebaya Surabaya melanjutkan tradisi melahirkan pesepak bola berbakat. Menurut asisten pelatih Bejo Sugiantoro, ada salah seorang pemain di tim U-19 yang memiliki karakter bermain seperti Jacksen F. Tiago.

Jacksen adalah satu di antara sedikit pesepak bola asing sukses di Indonesia. Baik semasa masih bermain maupun ketika melakoni peran sebagai pelatih. Jacksen adalah legenda hidup Persebaya.

Ketika masih aktif merumput, Jacksen dikenal sebagai striker jempolan di Indonesia. Sejumlah tim-tim besar pernah ia bela. Dimulai dari Petrokimia Putra Gresik, PSM Makassar, hingga Persebaya.

Setelah hampir dua dekade setelah Jacksen gantung sepatu, Persebaya mengklaim memiliki sosok penyerang muda yang memiliki karakter mirip dengan Jacksen. Dia adalah striker tim Persebaya U-19, Vengko Armedya.

“Vengko ini tipikal finisher, (naluri.red) pembunuh seperti seorang Jacksen ketika masih bermain. Permainannya sesuai dengan karakter Surabaya,” ungkap Bejo Sugiantoro, asisten pelatih Persebaya sekaligus pelatih Vengko di tim Persebaya U-19.

Bejo mengaku ingin mempromosikan dua pemain U-19 ke tim senior. Kedua pemain yang dimaksud bejo adalah gelandang Muhammad Kemaluddin dan Vengko.

“Untuk pelapis Rishadi (Fauzi) dan David (da Silva),” jelas eks pemain PSPS Pekanbaru itu.

Kemal dan Vengko hampir didaftarkan sebagai pemain senior Persebaya pada jendela transfer putaran kedua lalu. “Tetapi kami terlalu banyak menunggu sehingga bursa transfer ditutup,” ungkap ayah kandung pemain muda Persebaya, Rachmat Irianto ini.

Siapa Vengko Armedya? Striker muda ini merupakan jebolan PPLP Jawa Tengah. Ia masuk ke Persebaya melalui proses seleksi. Vengko adalah pemain asal Batam. Kabarnya, ia mendapat kontrak empat tahun di Persebaya.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?