DBAsia News

Pemain-pemain dari Akademi La Masia yang Diorbitkan Ernesto Valverde ke Barcelona

Ernesto Valverde

DBasia.news –  Barcelona meraih kemenangan pertama mereka musim ini ketika menjamu Real Betis di pekan dua LaLiga di Camp Nou, Senin (26/8) dini hari WIB. Barca menang 5-2 dan Antoine Griezmann menorehkan dua gol di laga itu. Selain Griezmann, nama lain yang mencuri perhatian adalah Ansu Fati.

Ansu Fati menjadi debutan termuda kedua dalam sejarah Barcelona saat masuk menggantikan jebolan La Masia lainnya, Carles Perez.

Ansu Fati sebenarnya bukanlah jebolan La Masia pertama yang mencatatkan debut di era Ernesto Valverde. Ada sembilan lulusan La Masia lain yang ditampilkan oleh Valverde. Berikut sembilan pemain yang dimaksud.

1. Marc Cucurella, debut 19 tahun

Pemain bek sayap ini melakoni debut pada Oktober 2017. Saat itu Cucurella tampil memperkuat Barcelona di ajang Copa del Rey menghadapi Real Murcia. Cucurella kemudian pindah ke Eibar sebelum bergabung dengan Getafe sebagai pemain pinjaman.

2. Oriol Busquets, debut 18 tahun

29 November 2017 menjadi momen spesial buat Oriol Busquets. Saat itu gelandang muda ini mencatat debutnya bersama Barcelona. Oriol Busquets tampil membela Barcelona saat melawan Real Murcia di Copa del Rey. Setelah dua tahun membela Barcelona B, Oriol Busquets setuju dipinjamkan ke FC Twente.

3. Juan Miranda, debut 17 tahun

Juan Miranda mencatat debut saat Barcelona melawan Cultural Leonesa di ajang Copa del Rey pada Oktober 2018. Juan Miranda sempat digadang-gadang akan menjadi bek kiri masa depan Barcelona. Saat ini Miranda dipinjamkan ke Schalke selama dua musim.

4. Chumi, debut 18 tahun

Debut Chumi di Barcelona bersamaan dengan Juan Miranda, yaitu pada laga melawan Cultural Leonesa di ajang Copa del Rey, Oktober 2018. Saat ini Chumi masih bergabung dengan Barcelona B.

5. Jorge Cuenca, debut 18 tahun

Cuenca melakoni debut bersamaan dengan Juan Miranda dan Chumi. Sebelum bergabung dengan Barcelona, Cuenca memulai kariernya bersama Alcorcon. Pada Februari 2019, pemain berposisi bek tengah ini meneken kontrak baru bersama Barcelona yang akan berakhir pada 2021. Saat ini Cuenca tampil membela Barcelona B.

6. Riqui Puig, debut 19

Selalu tampil mengesankan bersama Barcelona B, Riqui Puig mendapatkan kesempatan tampil untuk pertama kalinya bersama Barcelona pada laga Copa del Rey, 5 Desember 2018. Meski publik Barcelona memintanya lebih sering ditampilkan, Puig saat ini masih berada di Barcelona B.

7. Alex Collado, debut 20 tahun

Alex Collado merasakan tampil pertama kali bersama tim utama Barcelona pada 4 Mei 2019. Pemain sayap ini dimainkan Ernesto Valverde pada laga melawan Celta Vigo di LaLiga. Saat ini Collado masih membela Barcelona B.

8. Abel Ruiz, debut 19 tahun

Abel Ruiz memiliki catatan bagus dalam urusan mencetak gol di tiap tingkatan usia. Tidak hanya di level klub, Ruiz juga subur di ajang internasional. Ruiz menjalani debut saat Barcelona melawan Getafe pada 12 Mei 2019. Saat itu dia masuk menggantikan Philippe Coutinho. Saat ini Ruiz masih bermain untuk Barcelona B.

9. Carles Perez, debut 21 tahun

Carles Perez tampil gemilang dan mencetak gol dalam laga melawan Real Betis, Minggu (25/8). Namun laga itu bukanlah debut Perez. Ya, Perez menjalani debut pada Mei lalu saat Barcelona menghadapi Eibar di LaLiga.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?