DBAsia News

Pelatih-pelatih dengan Pendapatan Terbesar di Dunia

Diego Simeone

DBasia.news –  Inflasi harga pemain berimbas kepada meningkatnya pendapatan pemain dan pelatih di Eropa. Hal itu bisa dilihat dari Matthijs de Ligt yang menerima gaji 21,6 juta poundsterling per tahunnya. Gaji besar itu juga diterima pelatih.

Tak berbeda dengan pemain, pelatih-pelatih top dunia juga mendapatkan bayaran yang semakin spektakuler. Bedanya dengan pemain, pelatih masih dengan mudah didepak dari pekerjaannya. Dengan kata lain, pelatih merupakan pekerjaan paling brutal di dunia sepak bola.

Namun, dengan makin meningkatnya gaji, sang pelatih sedikit memiliki pengaman karena akan menerima kompensasi besar jika dipecat. Tentu saja, hingga saat ini baru segelintir pelatih yang mendapatkan bayaran wah.

Ada hal menarik terkait gaji pelatih. Jika pemain kebanyakan menerima bayaran mahal dari klub-klub besar Eropa, untuk pelatih sumber uang ada di Negeri Tirai Bambu, China.

Dari 20 pelatih dengan gaji tertinggi pada musim lalu, empat menangani klub asal China. Dragan Stojkovic, pelatih Guangzhou R&F menerima 6 juta pounds per tahun. Vitor Pereira (Shanghai SIPG, 6,4 juta pounds), Marcello Lippi (timnas China, 11,2 juta pounds), dan Fabio Cannavaro (Guangzhou Evergrande, 12,9 juta pounds).

Bicara soal pelatih bergaji tinggi, tentu kurang sah jika tidak menyebut beberapa sosok yang pernah menyandang predikat termahal. Dimulai dari Sir Alex Ferguson.

Manajer legendaris Manchester United memang tidak diketahui secara rinci berapa gajinya. Namun pada 2010, Ferguson mengungkap saat itu dia menerima bayaran yang lebih tinggi dari pemain di United. Saat itu, pemain yang digaji paling tinggi adalah Wayne Rooney 9,5 juta per tahun. Artinya Ferguson menerima lebih dari angka tersebut.

Masih di era yang sama, ada Arsene Wenger. Pelatih asal Prancis ini menerima 17,6 juta pounds pada tahun terakhirnya menangani Arsenal.

Namun jumlah yang diterima dua pelatih legendaris tersebut masih kalah dari pelatih-pelatih yang saat ini ada di lima besar pelatih dengan bayaran tertinggi berikut ini.

1. Diego Simeone

Ya, predikat pelatih dengan bayaran tertinggi di dunia memang menjadi milik Diego Simeone.

Meski pencapaiannya tidak sementereng Pep Guardiola, Jose Mourinho, atau Sir Alex Ferguson, pelatih berjulukan El Cholo ini menerima bayaran 35 juta pound per tahunnya.

2. Jose Mourinho

Jose Mourinho

Berbeda dengan Henry, tak ada yang terkejut nama Jose Mourinho ada dalam daftar pelatih dengan gaji tertinggi. Deretan trofi yang diraihnya menjadi alasan.

Saat melatih Manchester United, pelatih asal Portugal ini menerima 26,6 juta pounds per pekannya. Namun, Mourinho dipecat pada Desember 2018 lalu.

3. Thierry Henry

Thierry Henry

Menarik nama Thierry Henry ada dalam daftar. Namun, eks penyerang Barcelona dan Arsenal ini memang menerima bayaran tinggi saat dipilih AS Monaco.

Meski hanya menangani klub dalam 20 laga, Henry diikat kontrak dengan gaji 21,9 juta pounds per tahun. Henry sendiri dipecat karena dinilai gagal.

4. Pep Guardiola

Pep Guardiola

Tak sedikit yang menilai Guardiola adalah pelatih terbesar saat ini. Dia selalu mencatat sukses di manapun dia bertugas. Dimulai dari Barcelona, Bayern Munchen, hingga Manchester City.

Pelatih yang dikenal dengan gaya bermain berdasar penguasaan bola itu mengantongi 20,6 juta pounds per tahun dari Manchester City.

5. Ernesto Valverde

Ernesto Valverde

Munculnya nama Valverde sebagai pelatih dengan bayaran tertinggi kelima terbilang tak mengejutkan mengingat dia bekerja untuk klub sebesar Barcelona.

Mantan pelatih Sevilla itu menerima bayaran 19,7 juta per tahun dari Barcelona. Kontrak Valverde akan berakhir pada Juni 2020.

Sebagai pembanding, Zinedine Zidane yang melatih Real Madrid, menerima 10,8 juta pounds.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?