DBAsia News

Messi Desak Barca Beli Griezmann, Klaim Bisa Saling Pengertian

Griezmann

IDNGoal.news, Lionel Messi secara halus mendesak Barcelona untuk membeli Antoine Griezmann, penyerang Atletico Madrid. Messi menyebut Griezmann sebagai pemain hebat dengan kualitas tinggi yang akan mampu mengangkat kinerja Barca.

Rumor transfer Griezmann ke Barcelona memang sudah muncul sejak awal musim lalu. Barca pun sudah melakukan pendekatan kepada Griezmann yang kemudian menimbulkan masalah karena ternyata pendekatan itu ilegal.

Namun Messi percaya Barca akan bisa mendapatkan jasa penyernag timnas Prancis itu. Artinya, Messi yakin Barca akan membayar nilai buyout Griezmann sebesar 100 juta euro musim panas ini.

Yakin Akan Saling Pengertian

Meski belum pernah bermain bersama, Messi percaya dirinya dengan Griezmann akan bisa menjalin pengertian. Jika Griezmann pindah ke Barcelona, maka kualitas tim Barca juga akan meningkat, demikian diklaim oleh Messi.

“Griezmann adalah pemain hebat dan kami pasti akan bisa saling pengertian jika sudah bermain bersama. Saat ini griezmann tengah menjalani momen luar biasa dalam kariernya. Saat ini transfer itu memang belum seratus persen, tapi semakin tinggi kualitas yang kami miliki, semakin bagus,” terang La Pulga kepada Mundo Deportivo.

Messi juga yakin kehadiran Griezmann tidak akan mengganggu keseimbangan di lini depan Barca. Saat ini, idealnya, tiga slot penyerang Barca akan ditempati oleh Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele. Tapi Messi yakin pelatih Barca, Ernesto Valverde, akan menemukan solusi jika Griezmann datang.

“Perubahan di lini depan jika Griezmann datang, akan menjadi pertimbangan pelatih. Kami ingin menjadi tim terbaik dunia, dan untuk mencapai target itu, kami harus mencari para pemain terbaik.”

Transfer Sudah Bermasalah

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, bulan lalu mengakui bahwa ia sudah mendekati Griezmann. Bartomeu sudah bertemu Griezmann dan kemudian menggelar pertemuan dengan agennya.

“Saya sebenarnya tak mau membicarakan pemain milik klub lain. Tapi saya secara tak sengaja bertemu Griezmann ketika tengah berlibur tahun lalu. Lalu kami menggelar pertemuan dengan agennya pada Oktober silam. Hubungan kami dengan Atletico dan Presiden mereka sangat kuat. Kami selalu membicarakan banyak hal,” terang Bartomeu pada awal Mei silam.

Hal itu membuat Atletico marah karena pendekatan itu dilakukan tanpa izin mereka. Pendekatan itu juga dilakukan di tengah musim, saat Barca dan Atleti masih bersaing di La Liga.

“Kami sudah muak dengan sikap Barcelona. Membicarakan masa depan pemain yang masih terikat kontrak dengan klub lain hanya beberapa hari sebelum laga final kompetisi Eropa adalah sikap yang menunjukkan tidak adanya respek terhadap Atleti dan fans,” cetus Miguel Angel Gil Marin, CEO Atletico, di situs resmi klub.

“Saya sudah memberitahu Bartomeu bahwa sikapnya itu tidak pantas dan mencederai integritas kompetisi. Terlebih lagi, Barca dan Atleti bersaing memperebutkan gelar juara liga. Barcelona terus menekan salah satu pemain paling penting di skuat kami,” imbuhnya.

FIFA Ikut Menyoroti

Akibat pendekatan terhadap Griezmann itu, Barcelona kembali menjadi sorotan FIFA, demikian dilansir AS. Sebelumnya Barcelona sudah pernah bermasalah dengan FIFA akibat kedapatan melakukan beberapa pelanggaran transfer pemain di bawah umur dari luar negeri. Kala itu, Barcelona dihukum dengan embargo transfer selama dua bursa.

FIFA juga melarang keras sebuah klub mendekati pemain lawan sebelum mendapatkan izin dari klub pemilik. Pendekatan seperti itu cuma bisa dilakukan jika sang pemain sudah memasuki enam bulan terakhir kontraknya.

AS Roma pernah mendapatkan hukuman karena mendekati Philippe Mexes lebih cepat dari waktu yang diizinkan. Chelsea juga mendapatkan hukuman karena mendekati Gael Kakuta agar mau memutus kontraknya bersama Lens dan bergabung ke Stamford Bridge pada 2009. Kedua klub itu dihukum dengan embargo transfer meski kemudian embargo itu dibatalkan.

Jika FIFA sampai melakukan investigasi dan menganggap Barcelona bersalah, bukan tak mungkin Barca akan kembali mendapatkan hukuman transfer.

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?