DBAsia News

Manajer-manajer Premier League yang Kehilangan Pekerjaannya Musim Ini

DBasia.news –  Manuel Pellegrini menjadi manajer terakhir yang mendapatkan palu pemecatan musim ini di Premier League. Dia dipecat West Ham United.

“Ini merupakan sebuah kekecewaan yang besar bagi kami mengambil keputusan ini. Manual adalah seorang lelaki yang baik dan adalah sebuah kehormatan bisa bekerja sama dengan seseorang sekaliber dia,” ujar David Sullivan, co-chairman West Ham kepada media.

Manuel Pellegrini dinilai tidak memenuhi ambisi klub untuk bisa tampil di kompetisi Eropa musim ini. West Ham sendiri musim lalu finis di posisi kesepuluh Premier League.

West Ham terbilang mulus memulai musim ini dengan berhasil meraih 11 poin dari enam laga awal. Akan tetapi setelah mengalahkan Manchester United pada 22 September, West Ham cuma bisa meraih dua kemenangan. Mereka menelan sepuluh kekalahan termasuk saat dipermalukan tim kasta ketiga Oxford United di ajang Piala Liga.

Manuel Pellegrini merupakan pelatih Premier League keenam yang dipecat klub musim ini. Berikut 5 manajer Premier League yang dipecat musim 2019-20.

1. Javi Gracia

Dipecat Watford 7 September 2019

Hanya berselang empat bulan setelah membawa Watford ke final Piala FA, Javi Gracia dipecat karena timnya terjerembab di dasar klasemen Premier League.

Sebelum pemecatannya, Watford belum pernah menang di Premier League musim ini dan tanpa kemenangan sejak April. Posisi Gracia digantikan oleh Quique Sanchez Flores.

2. Mauricio Pochettino

Dipecat Tottenham 19 November 2019

Mauricio Pochettino sangat dicintai suporter Tottenham Hotspur. Dia dinilai mampu mengangkat level Tottenham meski dengan kekuatan seadanya. Bahkan dia mampu membawa Spurs ke final Liga Champions musim lalu.

Namun performa Spurs menukik tajam musim ini. Tottenham menelan empat kekalahan dalam 12 laga yang membuat mereka terpuruk ke posisi ke-14. Meski sudah diperkirakan, pemecatan Pochettino yang sudah lima tahun mengabdi terbilang mengejutkan. Sebagai pengganti, Spurs menunjuk Jose Mourinho.

3. Unai Emery

Dipecat Arsenal 29 November 2019

Pemecatan Unai Emery sudah lama diprediksi. Bahkan saat bisa membawa Arsenal menang, Emery gagal mengambil hati suporter yang bingung melihat permainan tim kesayangan mereka.

Kelemahan dalam berbahasa Inggris juga membuat Emery tidak dekat dengan suporter. Setelah tujuh laga tanpa kemenangan, Arsenal akhirnya mendepak Emery, yang datang menggantikan manajer legendaris Arsene Wenger. Posisi manajer Arsenal saat ini dipegang Mikel Arteta setelah beberapa saat sempat ditangani pelatih interim Freddie Ljungberg.

4. Quique Sanchez Flores

Dipecat Watford 1 Desember 2019

Pemecatan kedua Watford musim ini datang pada awal Desember 2019. Quique Sanchez Flores didepak meski baru menangani Watford dalam 12 laga.

Sempat menahan Arsenal dan membawa Watford memetik kemenangan pertama musim ini, Flores tetap dipecat karena dinilai tidak cukup bagus buat Watford. Posisinya kini ditempati Nigel Pearson.

5. Marco Silva

Dipecat Everton 5 Desember 2019

Bagi Marco Silva ini merupakan kali kedua dirinya dipecat klub Inggris dalam rantang dua tahun. Sebelumnya dia juga dipecat oleh Watford.

Everton mendepak Silva setelah menelan sembilan kekalahan dalam 15 laga Premier League yang membuat Everton masuk zona degradasi. Posisi Silva sempat diisi Duncan Ferguson sebelum akhirnya Everton menunjuk Carlo Ancelotti sebagai manajer anyar.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?