DBAsia News

La Liga Perluas Pasar, Dampak Hengkangnya Ronaldo ke Juventus?

Cristiano Ronaldo

DBasia.news – Persaingan sepak bola di Eropa benar-benar berlangsung sengit. Bukan hanya persaingan klub-klub untuk jadi yang terbaik, atau urusan bursa transfer dengan perebutan pemain terbaik, kompetisi liga di antara lima liga top Eropa juga berjalan ketat.

Lima liga top Eropa masih didominasi Inggris (Premier League), Spanyol (La Liga), Italia (Serie A), Jerman (Bundesliga), dan Prancis (Ligue 1). Premier League masih yang terbaik berkat persaingan ketat yang terjadi di dalamnya hingga mereka disebut liga terbaik dunia. Liga lainnya pun tidak mau kalah hebat dan mencoba untuk setidaknya mendekati tingkat kepopuleran Premier League.

Juventus menjadi ujung tombak kemajuan sepak bola Italia ketika mereka merekrut megabintang berusia 33 tahun, Cristiano Ronaldo dari Real Madrid di musim panas ini. Kehadiran peraih lima Ballon d’Or dan lima titel Liga Champions tidak hanya menambah antusias fans Juve, melainkan sukses menarik atensi fans sepak bola Eropa untuk menyaksikan Serie A.

 

Juventus


Efek domino kedatangan Ronaldo juga berdampak kepada geliat tim-tim rival yang tidak mau kalah dengan Juventus. Mereka memperkuat skuat di bursa transfer musim panas. Terutamanya Inter Milan yang sangat aktif mendatangkan pemain seperti Radja Nainggolan, Sime Vrsaljko, dan Stefan de Vrij. Serie A diprediksi bangkit musim ini dan diharapkan … mampu menarik atensi fans seperti halnya Serie A pada periode 80 dan 90-an.

Dampak kepergian Ronaldo itu pun disinyalir memengaruhi La Liga dari sisi minat penonton menyaksikan La Liga dan berpotensi turunnya pendapatan dari hak siar. Tidak diragukan lagi, persaingan Ronaldo dengan Lionel Messi dalam sembilan tahun terakhir ini meramaikan persaingan di La Liga. Indikasi itu diperlihatkan La Liga yang langsung bergerak cepat melakukan dua terobosan.

 

La Liga di Facebook dan Dihelat di Amerika Serikat

 

La Liga live facebook


Bagi fans La Liga di India, Nepal, Bangladesh, Bhutan, Afghanistan, Maladewa, Sri Lanka, dan Pakistan, mereka dapat menyaksikan 380 laga La Liga gratis selama tiga tahun ke depan di Facebook, setelah Facebook menjalin kerja sama dengan La Liga.

Hal tersebut merupakan cara La Liga untuk bisa bersaing dengan lima liga top Eropa lainnya dan meningkatkan pemasaran di negeri lain atau negeri non-Eropa. Cara itu diikuti oleh Premier League yang kabarnya juga akan menyiarkan laga gratis di Facebook per musim 2019-2020.

Liga-liga top Eropa memang gencar menjaga pasaran mereka di luar Benua Biru dengan salah satu caranya, mengandakan pertandingan di luar negeri. Laga-laga yang biasanya dipertandingkan di luar negeri adalah Piala Super Italia dan Piala Super Spanyol, di mana baru ini pertarungan Barcelona kontra Sevilla berlangsung di Tangier, Maroko.

Namun ajang Piala Super itu konteksnya masih laga final. Nah, La Liga pun melakukan terobosan kedua dengan cara mengadakan pertandingan liga di Amerika Serikat, khususnya di Amerika Utara (Kanada), yang tujuh persen populasinya pecinta sepak bola. Dari laporan Forbes, kecintaan warga Kanada kepada sepak bola berpotensi mendekati kepopuleran basket, American Football, dan baseball.

 

Barcelona


La Liga sepakat dengan Relevent, perusahaan multi-fungsi yang juga terlibat penyelenggaraan Piala Champions Internasional, untuk memainkan laga La Liga di Negeri Paman Sam selama 15 tahun ke depan. Inovasi ini terbilang unik. Apalagi klub-klub La Liga tentunya juga akan mempertimbangkan biaya, kesiapan para pemain (kebugaran, keletihan), dan keuntungan bagi mereka bermain jauh dari Spanyol.

Tentu saja, pihak La Liga barangkali hanya memainkan beberapa laga besar yang berpotensi menyedot animo penonton. Apapun itu, Javier Tebas selaku Presiden La Liga, puas dapat menjalin kerja sama untuk mengadakan pertandingan di Amerika Serikat dan mengepakkan pasaran lebih jauh lagi di sana.

“Kami sangat bertekad untuk menumbuhkan passion untuk sepak bola di seluruh dunia. Kesepakatan ini jelas untuk memberikan perubahan besar pada popularitas olahraga yang indah di Amerika Serikat dan Kanada,” ucap Tebas, sebagaimana dilansir dari AS, Jumat (16/8).

“Relevent telah memenuhi stadion di Amerika dengan Piala Champions Internasional, kami sangat senang bekerja sama denga mereka untuk bergabung dalam misi mengembangkan sepak bola di Amerika Utara,” tandasnya.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?