DBAsia News

Klub-klub Inggris Akhiri Dominasi Spanyol di Eropa

Arsenal


DBasia.news –  Empat finalis turnamen antarklub di Eropa musim ini semuanya berasal dari Inggris. Chelsea akan melawan Arsenal di final Liga Europa, sementara Liverpool akan melawan Tottenham Hotspur di Liga Champions.

Leg kedua semifinal Liga Europa 2018-2019 berlangsung serentak pada Kamis (9/5) waktu setempat. Arsenal bersua Valencia, sementara Chelsea menjamu Frankfurt.

Arsenal yang melawat ke markas Valencia mengantongi kemenangan 3-1 pada laga leg perdana. The Gunners pun semangat berlaga di Stadion Mestalla di leg kedua.

Sayangnya Arsenal justru kebobolan terlebih dulu pada menit ke-11. Bola sepakan Kevin Gameiro melesat mulus ke gawang yang dikawal oleh Petr Cech.

Sementara itu, Chelsea yang bermain di kandang sendiri di Stamford Bridge unggul cepat. Memanfaatkan bola umpan Eden Hazard, Ruben Loftus-Cheek mencatatkan nama di papan skor.

Sayangnya Luka Jovic membuat Frankfurt menyamakan kedudukan. Setelah bermain imbang selama waktu normal dan babak tambahan, laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di sini, Dewi Fortuna berpihak ke Chelsea. Dua penendang Frankfurt, Martin Hinteregger dan Goncalo Paciencia gagal melaksanakan tugasnya, sementara dari The Blues hanya Cesar Azpilicueta.

Hasil tersebut membuat terdapat empat klub asal Inggris pada kompetisi Eropa 2018-2019. Ini membuat Inggris memupus dominasi kesebelasan asal Spanyol di Eropa.

Selain itu, ini merupakan kali pertama satu negara mengirimkan empat wakil ke dua final kompetisi Eropa. Paling mendekati adalah tiga negara di dua kompetisi tersebut.

Terdapat enam kesempatan hal itu terjadi. Yaitu tiga klub Spanyol pada 2013-2014 dan 2015-2016 serta tiga klub Italia pada 1988-1989, 1989-1990, 1994-1995, dan 1997-1998.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?