DBAsia News

Kisah di Balik Warna Merah Biru Jersey Barcelona

DBasia.news – Barcelona identik dengan warna merah dan biru pada jersey dan kedua warna tersebut menjadi identitas bagi klub.

Julukan Blaugrana itu sendiri juga berasal dari dua warna tersebut dalam bahasa Katalan. Blau untuk warna biru dan grana berarti merah pekat.

Ada beberapa teori yang membahas tentang awal mula terpilihnya kedua warna itu.

Pertama, sejalan dengan sejarah klub, merah dan biru itu dipilih dalam rapat para pendiri Barcelona pada Desember tahun 1899.

Itu adalah pertemuan kedua setelah deklarasi pendirian klub beberapa pekan sebelumnya.

Adalah Arthur dan Ernest Witty yang berkontribusi besar dalam pendirian klub mengusulkan agar menggunakan garis biru dan merah.

Keduanya terinspirasi dengan jersey dari tim rugby sekolah mereka yang bernama Merchant Taylor di Crosby, pinggiran Liverpool.

Hans Max Gamper-Haessig atau lebih dikenal dengan nama Joan Gamper selaku pendiri klub menyetujui usulan tersebut.

Sebelumnya ia sudah menggunakan warna itu ketika bermain untuk FC Basel.

Cerita ini disampaikan oleh keturunan dari para pendiri Barca dan telah diakui secara resmi oleh pihak klub.

“Cerita dari keluarga para pendiri klub menjadi teori yang paling memungkinkan tentang alasan klub memilih kedua warna itu,” demikian penjelasan dalam pernyataan resmi klub.

“Suatu hari nanti mungkin saja ada dokumen yang mengonfirmasi teori ini. Hingga saatnya tiba, kami akan mendukung teori ini sebagai teori yang paling memungkinkan.”

Ada teori lain yang mengatakan bahwa warna merah biru itu dipilih oleh ibu dari seorang pemain yang terinspirasi dari warna tinta yang digunakan sering digunakan masa itu.

Teori pertama semakin kuat mengingat identitas klub yang mendunia, sesuai dengan para pendiri Barcelona yang berasal dari berbagai negara seperti Inggris, Katalonia, Jerman, dan Swiss.

Barcelona adalah tim pertama di Liga Spanyol yang menggunakan warna merah biru pada jersey mereka.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?