DBAsia News

Kesuksesan Mourinho Jadi Pelajaran bagi Mikel Arteta

DBasia.news – Manajer Arsenal, Mikel Arteta mengatakan dia menikmati serial dokumenter Tottenham Hotspur berjudul All or Nothing yang dirilis Amazon Prime Agustus lalu.

Seperti seri-seri sebelumnya, seperti Leeds United dan Manchester City, dokumenter ini memperlihatkan aktivitas Spurs di balik layar. Serial ini mendokumentasikan perjalanan Tottenham sepanjang musim 2019-2020, termasuk pemecatan Mauricio Pochettino dan masuknya Jose Mourinho.

“Sangat menarik. Sangat menyenangkan melihat bagian dalam klub sepak bola lain, gagasan lain, pelatih lain, dan organisasi lain,” kata Arteta.

Lebih khusus, Arteta menjadikan dokumenter sebagai bahan belajar, terutama melihat bagaimana Jose Mourinho beraksi.

“Saya suka melihat itu. Ada beberapa momen penting dalam dokumenter itu ketika Anda dapat memilih beberapa hal yang relevan terkait alasan di balik kesuksesan yang Mourinho dapatkan.”

Arteta sudah mengenal lama Mourinho. Arteta pertama kali bertemu Mourinho ketika bermain di tim B Barcelona. Pada waktu itu, Mourinho menjabat sebagai asisten pelatih Louis van Gaal.

“Mourinho mempunyai sesuatu yang sangat istimewa, bahkan apa pun yang dia inginkan untuk masuk ke klub sepak bola, dia berhasil melakukannya dan dia percaya dengan cara pemain pada akhirnya mereka melakukan apa yang dia inginkan,” urai Arteta.

“Semua manajer ini mengalami saat-saat sulit. Saya telah menjadi staf pelatih dengan momen-momen sulit. Poin pentingnya adalah bagaimana Anda beraksi di saat-saat sulit dengan bagaimana pendukung klub bereaksi di saat-saat sulit,” Arteta mengulas pelajaran yang diambilnya dari Mourinho.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?