DBAsia News

Kabar Duka, Mantan Manajer Inter Milan Tahun 1998 Tutup Usia

DBasia.news – Kabar duka menghampiri sepak bola Italia. Luigi Simoni yang pernah melatih sejumlah klub seperti Inter Milan, Lazio, dan Napoli tutup usia di umur 81 tahun.

Simoni menghembuskan nafas terakhir pada Jumat (22/5) waktu setempat, akibat stroke. Ia sempat menjalani perawatan di rumah sakit sejak sehari sebelumnya.

Simoni diketahui mengidap penyakit stroke sejak tahun 2019. Kondisinya memburuk dalam beberapa hari terakhir.

Simoni lahir pada 22 Januari 1939 di Crevalcore. Semasa bermain, ia berperan sebagai gelandang dan sempat memperkuat Napoli, Torino serta Juventus.

Ia gantung sepatu pada tahun 1974 ketika membela Genoa. Setelah itu Simoni langsung beralih menjadi pelatih di klub yang sama.

Prestasi terbaik Simoni sebagai pelatih terjadi saat menangani Inter Milan pada musim 1997-1998. Nerazzurri berhasil diantarkannya merebut gelar Piala UEFA.

Tak heran jika kubu Nerazzurri sangat berduka dengan kepergian Simoni. Apalagi kematian sang pelatih bertepatan dengan peringatan sepuluh tahun Inter meraih gelar Liga Champions ketiganya.

“Kami mengingat Gigi Simoni dan akan kehilangan segalanya tentang dia. Pertama dan terpenting yaitu cara hidupnya yang sopan baik dalam kehidupan maupun sepak bola. Sepak bolanya mencerminkan bahwa ia rendah hati, fungsional, dan mampu memanfaatkan apa yang ia miliki,” bunyi ungkapan duka Inter Milan.

Trofi Piala UEFA merupakan satu-satunya gelar yang diraih Simoni ketika melatih. Sementara saat bermain, ia sempat menjuarai Coppa Italia 1962 bersama Napoli.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?