DBAsia News

Jurgen Klopp Sambut Positif Penggunaan VAR di Premier League

Jurgen Klopp

DBasia.news –  VAR (Video Asisten Wasit) akan digunakan pada kompetisi Premier League 2019-20. Penggunaan itu disambut positif Jurgen Klopp, manajer Liverpool.

Setelah sempat terjadi pro-kontra, Premier League akhirnya menggunakan VAR. Teknologi tersebut diharapkan bisa menghadirkan pertandingan yang adil dan meminimalkan kesalahan.

Premier League lebih lambat dari liga-liga top Eropa lainnya seperti Serie A dan LaLiga. Kompetisi nomor satu di Inggris itu baru menyepakati penggunaan VAR ketika musim 2018-2019 tengah berjalan.

Jurgen Klopp yang sudah lama memahami VAR memberikan respons. Eks pelatih Borussia Dortmund tersebut menilai Premier League memang membutuhkan VAR.

“VAR sangat bagus. Segalanya berjalan dengan baik setelah FA menunjukkan sebagian prosesnya kepada kami,” ungkap Klopp seperti dilaporkan laman resmi Liverpool.

“Teknologi tersebut terlihat menarik dan aman. Teknologi tersebut sangat aman ketika Anda melibatkan manusia, begitulah adanya,” sambung sang juru taktik.

“Saya sudah mengetahui VAR selama dua tahun di Jerman. Awalnya memang tidak mudah, namun sekarang sudah lebih stabil. Anda jadi punya diskusi soal hal ini setelah pertandingan.”

Beberapa pihak sempat melontarkan kritik pada penggunaan VAR. Menurut mereka, VAR menghilangkan sensasi bermain sepak bola. Namun, Klopp punya pandangan yang berbeda.

“Saya kira stadion akan baik-baik saja. Ya, akan ada momen ketika tim merayakan gol dan seseorang mengatakan itu terlalu dini. Namun, hal tersebut adalah perkembangan dari sepak bola.”

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?