DBAsia News

Jurgen Klopp Heran Liga Primer Inggris Tolak Usulan Lima Pergantian Pemain

DBasia.news – Manajer Liverpool Jurgen Klopp sekali lagi mengeluhkan keputusan Liga Primer Inggris yang tidak mengindahkan usulan lima pergantian pemain musim ini, dengan mengklaim CEO Richard Masters “salah besar”.

Trent Alexander-Arnold terpaksa harus diganti pada paruh kedua saat Liverpool bermain imbang 1-1 dengan Manchester City pada Senin (9/11) dini hari WIB, setelah ia mengalami cedera betis.

Bek sayap itu sejatinya akan menjadi bagian dari skuad Inggris arahan Gareth Southgate untuk pertandingan melawan Republik Irlandia, Belgia dan Islandia selama jeda internasional November.

Namun, Klopp menyebut Alexander-Arnold tidak akan tersedia untuk pertandingan tersebut di musim padat kali ini sebagaimana puncaknya adalah turnamen Euro 2020 yang tertunda pada musim panas tahun depan.

Sebelumnya klub-klub Liga Primer menolak penggunaan lima pergantian pemain pada gelaran kali ini, aturan yang sempat digunakan ketika kampanye musim lalu dilanjutkan setelah lockdown akibat virus corona. Klopp kini mengungkapkan keheranannya atas keputusan tersebut.

“[Masalah] ini karena kurangnya kepemimpinan,” kata Klopp di sesi konferensi pasca-pertandingan. “Richard Masters salah besar.

“Ini bukanlah keuntungan [untuk menggunakan lima pemain pengganti], ini adalah kebutuhan. Itu terjadi di negara lain, dia salah besar dan sekarang Anda mengalami situasi ini.

“Trent akan absen untuk Inggris, [dia] takkan menjadi yang terakhir atau satu-satunya masalah yang bakal dihadapi Gareth.”

Manajer City Pep Guardiola menggemakan pandangan Klopp tentang keputusan untuk kembali ke tiga pergantian pemain per tim di level teratas, yang diambil pada rapat pemegang saham pada September kemarin.

Ditanya tentang apa yang dia diskusikan dengan manajer Liverpool itu saat bubaran, Guardiola – yang hanya menggunakan satu pergantian pemain di partai semalam – mengatakan kepada Sky Sports: “Kami tidak berbicara tentang hasil akhir. Kami berbicara tentang bagaimana kami harus bertarung lagi untuk memakai lima pergantian pemain.

“Lihat, seorang pemain internasional Inggris – Trent Alexander-Arnold – cedera. Di seluruh dunia, ada lima pergantian pemain. Di sini, kami yakin kami lebih istimewa dan hanya memiliki tiga pemain.

“Kami tidak melindungi para pemain. Itu sebabnya ini bencana. Saya akan menuntut untuk kembali dengan lima pergantian pemain untuk membantu para pemain, manajer. Jika tidak, sulit untuk mempertahankannya.”

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?