DBAsia News

Hasil Bundesliga: Dua Gol pada Menit Akhir Bawa Munchen Tundukkan Freiburg

DBasia.news –  Tim asuhan Hansi Flick harus menanti hingga pengujung laga untuk menuai tiga poin. Gol pada menit-menit akhir dari Joshua Zirkzee dan Serge Gnabry. Bayern Munich menuai kemenangan 3-1 atas SC Freiburg saat bertamu, pada Kamis (19/12/2019) dini hari WIB.

Tampil di kandang lawan, Bayern Munich langsung memegang kendali permainan sejak menit awal. Baru dua menit laga berjalan, Philippe Coutinho hampir membuat gol pembuka. Namun, sontekan kaki kanannya ke gawang yang kosong dapat disapu oleh Manuel Gulde.

Lima menit berselang, peluang kembali diperoleh Bayern Munich. Namun, tendangan Thomas Mueller hanya membentur mistar gawang yang dikawal Mark Flekken.

Sembilan menit kemudian, gol pertama tercipta melalui skema serangan cepat dari belakang. Berawal dari sola yang disodorkan Manuel Neuer, Alphonso Davies melakukan umpan satu-dua, lalu menggiring bola hingga ke daerah lawan. Dia lantas mengirimkan umpan silang mendatar yang mampu dicocor Robert Lewandowski ke dalam gawang lawan.

Gol ke gawang Freiburg itu sangat berarti bagi Robert Lewandowski dalam perburuan gelar pencetak gol terbanyak. Berkat gol itu, dia melepaskan diri dari kejaran Timo Werner yang sehari sebelumnya menyamai perolehan 18 golnya berkat brace ke gawang Borussia Dortmund.

Meskipun menguasai permainan, bukan berarti gawang Bayern Munich aman-aman saja. Pada menit ke-31, manuel neuer dipaksa membuat penyelamatan gemilang terhadap peluang berbahaya Freiburg. Lewat serangan balik, Mike Frantz melepaskan umpan silang yang disambut tendangan Lucas Holer. Neuer dengan tenang menepis tendangan dari dalam kotak penalti itu dengan baik.

Pada menit ke-40, neuer kembali harus berjibaku guna menyelamatkan tendangan keras Vincenzo Grifo yang mengarah ke sudut kiri bawah gawangnya. Bola yang ditepisnya pun gagal dijangkau janik Haberer sehingga kedudukan tidak berubah.

Memasuki babak kedua, pemandangan tak berubah. Sang tamu memegang kendali permainan, tapi tak efektif dalam menyusun serangan dan rapuh saat diserang balik. Hasilnya, tuan rumah menyamakan kedudukan pada menit ke-59.

Berawal dari serangan balik dari sisi kanan, Kwon Chang-hoon, memberikan umpan kepada Janik Haberer yang lantas memberikan umpan ke tiang jauh. Vincenzo Grifo tanpa ampun melepaskan tendangan keras tanpa mampu dibendung Manuel Neuer.

Setelah itu, Freiburg seperti mendapatkan angin. Berkali-kali, mereka mampu membahayakan pertahanan Die Roten. gawang mereka pun baru kembali terancam pada menit ke-64 saat Ivan Perisic menyambut umpan Serge Gnabry. Namun, Flekken mampu menepis bola ke atas mistar.

Pada menit ke-78, Serge Gnabry mampu menceploskan bola ke gawang Freiburg. namun, gol dianulir wasit karena dalam prosesnya, Lewandowski sudah terjebak pada posisi offside.

Kemenangan akhirnya dituai pada menit akhir. Joshua Zirkzee membuat kedudukan jadi 2-1 untuk Bayern Munich setelah meneruskan umpan Lewandowski. Lalu, Serge Gnabry memperbesar skor menjadi 3-1 lewat serangan balik yag diinisiasi Thiago Alcantara.

Susunan Pemain:

SC Freiburg (3-4-3): 26-Mark Flekken, 5-Manuel Gulde, 25-Robin Koch, 23-Dominique Heintz, 19-Janik Haberer, 8-Mike Frantz (28 Kwon Chang-hoon 54), 27-Nicolas Hoefler, 30-Christian Guenter, 9-Lucas Hoeler (4-Nico Schlotterbeck 90), 32-Vincenzo Grifo (21-Brandon Borello 75), 18-Nils Petersen

Pelatih: Christian Streich

Bayern Munich (4-3-3): 1-Manuel Neuer, 32-Joshua Kimmich, 5-Benjamin Pavard, 27-David Alaba, 19-Alphonso Davies, 25-Thomas Mueller (8-Javi Martinez 63), 6-Thiago Alcantara, 10-Philippe Coutinho (35-Joshua Zirkzee 90), 22-Serge Gnabry, 14-Ivan Perisic, 9-Robert Lewandowski

Pelatih: Hansi Flick

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?