DBAsia News

Fabian Ruiz Jadi Pemain Terbaik Piala Eropa U-21

Fabian Ruiz

DBasia.news –  Timnas Spanyol sukses meraih titel Piala Eropa U-21 dengan mengalahkan Jerman U-21 di final. Gelandang La Rojita, Fabian Ruiz, menjadi Pemain Terbaik turnamen.

Sepanjang Piala Eropa U-21, Spanyol hanya menelan satu kekalahan yakni pada lawa awal ketika melawan tuan rumah, Italia. Setelah itu, Belgia, Polandia, Prancis, dan Jerman mampu dilibas.

Pada perjalanannya, skuat asuhan Luis de la Fuente Castillo itu bergantung pada Fabian Ruiz di lini tengah. Tidak heran, pada akhir kompetisi penggawa Napoli tersebut terpilih sebagai pemain terbaik.

Fabian Ruiz mencatatkan total penampilan sebanyak 284 menit. Pemain 23 tahun itu mengkreasikan 14 tembakan, 11 tekel, dan 10 take-ons.

Tidak berhenti sampai di situ, catatan gemilang sang pemain juga berlanjut dengan sembilan kreasi peluang, enam intersep, dua gol, dan dua assist. Satu di antara gol yang diciptakan Ruiz terjadi pada laga puncak.

Fabian Ruis mengikuti jejak Dani Ceballos (2017), Thiago Alcantar (2013), Juan Mata (2011), Francesc Arnau (1998), dan Manuel Sanchis (1986) yang sebelumnya meraih penghargaan serupa.

Fabian Ruiz mengawali karier di akademi Real Betis. Ia sempat dipinjamkan ke Elche sebelum menuju Napoli pada bursa transfer musim panas 2018. Ketika itu, Il Partenopei mengucurkan dana 30 juta euro.

Sepanjang tampil di Serie A, Ruiz telah melakoni 27 pertandingan. Catatan individunya adalah lima gol plus tiga assist. Torehan gol tersebut terbilang cukup banyak karena Ruiz sejatinya adalah tipe gelandang yang punya tugas utama menjaga lini tengah dan mengalirkan bola ke segala penjuru.Kini, menurut Transfermarkt, harga Fabian Ruiz melesat mencapai 50 juta euro. Sang pemain masih terikat kontrak hingga Juni 2023.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?