DBAsia News

DBAsia.news menjadi sponsor resmi di Piala AFF U-19

DBasia.news – Federasi Sepak Bola ASEAN (Bahasa Inggris: ASEAN Football Federation) atau sering disingkat (AFF) adalah bagian dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang terdiri dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. “ASEAN” adalah singkatan dari Association of South East Asian Nations. AFF didirikan pada tahun 1984 oleh Thailand, Filipina, Brunei, Singapura, Malaysia, Indonesia,Vietnam, Kamboja, Laos dan Myanmar.

Pada tahun 1996, AFF menyelenggarakan Kejuaraan Sepak Bola ASEAN pertama (waktu itu bernama “Piala Tiger”) dan sejak saat itu terus diselenggarakan secara rutin.

Saat ini, AFF masih terus berkembang dengan bergabungnya Timor Leste pada tahun 2004 dan Australia, menjadi undangan setelah bergabung dengan AFC pada tanggal 1 Januari 2006.

Pada 7 Agustus 2008, AFF resmi mengumumkan Suzuki sebagai sponsor utama Kejuaraan Sepak Bola ASEAN.

Pada 27 Agustus 2013, Australia secara resmi menjadi anggota penuh federasi.

Pada Tahun 2018 ini, DBAsia.news dengan bangga secara resmi menjadi sponsor Piala AFF U-1

Negara Resmi Yang Menjadi Anggota

  • Brunei
  • Indonesia
  • Malaysia
  • Filipina
  • Singapura
  • Thailand
  • Kamboja
  • Laos
  • Myanmar (Burma)
  • Vietnam
  • Timor Leste
  • Australia

Indonesia telah memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2018 Tapi, masih ada satu laga fase Grup A yang harus dijalani, menghadapi Thailand, malam ini.

Pertandingan melawan Thailand tetap penting. Bahkan, diyakini berlangsung seru hingga akhir, mengingat pertemuan kedua negara di panggung sepak bola selalu berbalut gengsi.

Tak ada yang mau kalah, meski kali ini, kedua tim sama-sama sudah di atas angin. Thailand, yang sudah mengemas 10 poin dari empat laga penyisihan grup Piala AFF U-19 2018, untuk sementara berada di posisi runner-up, berselisih dua poin dari Indonesia.

Sekali pun kalah dari Indonesia dan Vietnam menang saat melawan Singapura pada saat bersamaan, selama Vietnam tak pesta gol, Thailand tetap berhak lolos ke semifinal karena keunggulan selisih gol dari Vietnam.

Yang terpenting, kedua tim enggan “mengalah” karena hasil pertandingan ini akan memengaruhi status pada Grup A. Siapa pun yang keluar sebagai pemenang, akan keluar sebagai juara Grup A. Hal ini berdampak pada laga semifinal karena di fase empat besar nanti, juara Grup A akan bersua runner-up Grup B.

Indonesia akhirnya gagal memuncaki klasemen Grup A Piala AFF U-2018. Di laga terakhir, Senin (9/7/2018) tim asuhan Indra Sjafri ini dikalahkan Thailand 1-2.

Dengan begitu, Indonesia menduduki posisi kedua klasemen Grup A di ajang yang disiarkan live dan eksklusif di Indosiar ini dengan mengoleksi 12 poin. Sementara Thailand di puncak klasemen dengan 13 poin.

Di semifinal Piala AFF U-19 2018 nanti, Indonesia akan berhadapan dengan juara Grup B. Sedangkan Thailand menghadapi runner up Grup B.

Namun, hingga saat ini belum diketahui tim mana yang jadi juara dan runner up Grup B. Sebab, masih ada tiga tim yang memiliki peluang relatif berimbang.

Mynmar dan Malaysia sama-sama memiliki nilai tujuh, sedangkan Timor Leste memiliki lima poin. Penentuan juara Grup B akan ditentukan hari ini, saat Myanmar berhadapan dengan Malaysia dan Timor Leste menghadapi Kamboja.

Semifinal

Kamis, 12 Juli 2018

15.30 WIB, Thailand vs Malaysia/Myanmar (Stadion Gelora Delta)

19.00 WIB, Malaysia/Myanmar vs Indonesia (Stadion Gelora Delta)

Perebutan Tempat Ketiga dan Final

Perebutan Tempat Ketiga

Sabtu, 14 Juli 2018, 15.30 WIB (Stadion Gelora Delta)

Final

Sabtu, 14 Juli 2018, 19.00 WIB (Stadion Gelora Delta)

Topik:

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?