DBAsia News

Burnley 0-3 Chelsea, Hakim Ziyech Kembali Cetak Gol

DBasia.news – Hakim Ziyech kembali mencetak gol untuk membantu Chelsea kembali ke jalur kemenangan dengan mencukur tuan rumah Burnley 3-0 dalam laga pekan ketujuh Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Pada laga ini manajer Burnley Sean Dyche hanya melakukan satu perubahan dari skuad yang ditampilkan saat dikalahkan Tottenham Hotspur. Sedangkan di kubu Chelsea, Frank Lampard tampil dengan lima perubahan dari skuad yang main melawan Krasnodar di Liga Champions tengah pekan kemarin.

Chelsea mengawali laga dengan banyak mengusai bola. Namun peluang pertama justru didapat oleh tuan rumah saat pertandingan baru berjalan lima menit lewat Ashley Barnes. Namun reaksi kiper The Blues Edouard Mendy yang cepat keluar sarang mampu mementahkan kans Burnley.

Selama 15 menit pertama, Chelsea mampu mempertahankan penguasaan bola mereka. Namun usaha serangan mereka yang dominan memanfaatkan kedua sisi lapangan masih bisa diredam barisan pertahanan Burnley.

Tim tamu terus melancarkan tekanan seiring dominannya mereka penguasaan bola yang hingga menit ke-25 mencapai 74 persen. Sebaliknya Burnley kesulitan mempertahankan penguasaan bola yang selalu mampu direbut lawan di lini tengah.

Terus menekan, Chelsea akhirnya mampu membuka gol pada menit ke-26. Berawal dari tusukan di sisi kiri pertahanan lawan, Tammy Abraham menyodorkan bola yang langsung dikonversi Hakim Ziyech menjadi gol. The Blues unggul 1-0. Ini merupakan gol perdana Ziyech di Premier League.

Tertinggal satu gol Burnley masih kesulitan bahkan untuk melewati garis tengah. Sebaliknya Chelsea makin memperbesar porsi penguasaan bola mereka.

Di pengujung babak pertama, Chelsea hampir menambah keunggulan. Namun upaya Timo Werner setelah menerima umpan Reece James masih bisa dibendung kiper Burnley Nick Pope. Hingga babak pertama usai, gol Hakim Ziyech menjadi satu-satunya yang terjadi.

Di babak kedua, Burnley berusaha menekan pertahanan Chelsea. Meski demikian usaha mereka tidak berlangsung lama karena Chelsea kembali berhasil memegang kendali permainan.

Pada menit ke-57, Burnley mendapatkan peluang. Berawal dari kesalahan Kai Havertz yang kehilangan bola, Josh Brownhill melepaskan umpan kepada Barnes. Sayang bola tembakan Barnes masih melenceng.

Chelsea menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-63. Kurt Zouma berhasil menggetarkan gawang Burnley lewat tandukannya setelah meneruskan umpan sepakan pojok Mason Mount.

Chelsea kembali menjebol gawang Burnley pada menit 69. Kali ini gol diciptakan Timo Werner. Setelah menerima umpan Ziyech lewat skema serangan balik cepat, Werner dengan mudah menaklukkan Pope.

Sudah unggul tiga gol, Chelsea tidak mengendurkan tekanan mereka. Hal serupa dengan penguasaan bola yang memaksa tuan rumah hanya bisa menunggu lawan membuat kesalahan.

Jala gawang tuan rumah sempat bergetar pada menit ke-79 setelah Olivier Giroud yang masuk menggantikan Abraham mampu mendorong bola tanpa bisa dihadang Pope. Namun gol tidak disahkan karena Giroud berada di posisi offside saat Ben Chilwell melepaskan umpan. Hingga wasit meniupkan peluit panjang, skor 3-0 untuk kemenangan Chelsea tidak berubah.

Berkat kemenangan ini Chelsea sementara naik ke empat besar klasemen Premie League dengan raihan 12 poin dari tujuh laga yang dijalani. Sedangkan Burnley terbenam di dasar klasemen dengan hanya meraih satu poin dari enam laga.

Susunan Pemain

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Matthew Lowton, Kevin Long, James Tarkowski, Charlie Taylor; Ashley Westwood, Dake Stephens (Rodriguez 46), Josh Brownhill, Dwight McNeil; Ashley Barnes (Brady 73), Chris Wood

Chelsea (4-3-3): Edouard Mendy; Reece James, Thiago Silva, Kurt Zouma, Ben Chilwell; Mason Mount, N’Golo Kante, Hakim Ziyech (Hudson-Odoi 73); Kai Havertz (Jorginho 86), Tammy Abraham (Giroud 77), Timo Werner

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?