DBAsia News

Berusia 51 Tahun, Kazuyoshi Miura Teken Kontrak Baru dengan Yokohama FC

Kazuyoshi Miura

DBasia.news – Kazuyoshi Miura tampak belum ingin pensiun dekat-dekat ini, meski usianya akan berumur 52 tahun pada Februari mendatang. Pemain yang akrab disapa dengan julukan King Kazu teken kontrak baru dengan Yokohama FC.

Diberitakan situs resmi Yokohama, Miura teken kontrak baru berdurasi satu tahun yang akan membuatnya bertahan di klub hingga tahun 2020. Miura akan coba memanfaatkan penghujung kariernya dengan menikmati setiap kesempatan bermain sepak bola

“Saya tidak akan menyia-nyiakannya selama satu menit, satu detik. Saya pikir saya ingin berhadapan langsung dengan sepak bola dan berlatih setiap harinya dengan kekuatan maksimal,” ucap Miura di BBC Sport.

Pencapaian yang dilakukan Miura menjadi contoh bagi pesepakbola muda di zaman sekarang. Miura memperlihatkan kebugaran tubuh yang terjaga meski sudah berkepala lima dan kariernya berlangsung dengan sangat lama.

Patut diketahui, Miura lahir di bulan yang sama seperti legenda Italia, Roberto Baggio yang pensiun di tahun 2004. Dua tahun silam, Miura memecahkan rekor Stanley Matthews sebagai pencetak gol tertua di dunia.

Miura bak penyintas waktu yang menjadi saksi peralihan era di kala dia mengawali karier (1986), hingga kini di masa globalisasi dan modernisasi, saat sosial media dan perkembangan teknologi berkembang pesat.

Bahkan di kala J-League, liga teratas dalam kompetisi sepak bola Jepang, dibentuk pada 1993, Miura sudah bermain dan kala itu membela Verdy Kawasaki sebelum dipinjamkan ke Genoa. Posisinya adalah penyerang.

Gaya hidupnya yang sehat dan latihan serta olahraga teratur, membuat karier sang pemain bertahan hingga selama ini. Napak tilas perjalanannya bisa dilihat melalui poin-poin berikut ini:

(berlanjut di halaman kedua)

  1. Di tahun 1982, saat usianya baru berumur 15 tahun, Miura merantau dari Jepang dan pergi ke Brasil untuk mengejar cita-citanya. Dia kemudian gabung Santos, tempat dia memulai debut pada 1986 di usia 19 tahun.
  2. Miura meninggalkan Santos untuk Palmeiras di tahun yang sama. Salah satu rekan setimnya di Palmeiras, Mirandinha, menjadi pemain Brasil pertama yang bermain di sepak bola Inggris kala bergabung dengan Newcastle United pada tahun 1987 seharga 575.000 poundsterling.
  3. Miura merupakan top skor dan pemain terbaik di edisi perdana J-League di tahun 1993, mengalahkan pemain-pemain impor seperti Gary Lineker dan Zico.
  4. Kehebatannya di Jepang menjadikannya pemain Jepang pertama yang menerima penghargaan Pemain Asia Terbaik di tahun 1993.
  5. Debutnya dengan timnas Jepang dimulai pada 1990 dan Miura membantu tim lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama pada 1998. Kala itu, Miura mencetak 14 gol di fase kualifikasi. Sayang, secara kontroversial dia disingkirkan dari skuat dan pensiun pada 2000 dengan 89 caps dan 55 gol.
  6. Miura pernah membela dua klub Eropa, Genoa dan Dinamo Zagreb. Dia memenangi Liga Kroasia pada tahun 1999.
  7. Bergabung dengan klubnya saat ini, Yokohama FC, pada usia 38 tahun pada 2005. Semenjak saat itu, Miura sudah tampil lebih dari 250 laga dengan klub.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?