DBAsia News

Berlangsung di Arab Saudi, Ini Undian Semifinal Piala Super Spanyol

DBasia.news –  Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) akan memulai Piala Super Spanyol dengan format baru. Selama tiga tahun, Piala Super Spanyol ini akan berlangsung di Arab Saudi mulai dari fase semifinal.

Tidak seperti biasanya, Piala Super Spanyol yang seyogyanya mempertemukan juara Copa del Rey dengan LaLiga di final, kali ini pertandingan akan dimulai dari semifinal. Keempat tim yang terlibat adalah finalis Copa del Rey dan dua tim teratas LaLiga musim lalu.

Keempat tim yang akan bermain itu adalah Valencia, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona. Sebagaimana dilansir dari Marca, hasil undian mempertemukan Valencia vs Real Madrid dan Barcelona vs Atletico Madrid. Pertandingan akan berlangsung pada 8 dan 9 Januari 2020.

RFEF dikritik karena memainkan Piala Super Spanyol di Arab Saudi, negara dengan reputasi buruk ketika itu urusannya dengan hak asasi manusia. Namun Luis Rubiales, Presiden RFEF, punya alasannya sendiri memainkan laga di sana.

“Ide kami adalah sepak bola merupakan alat perubahan. Akan ada opini yang mendukung dan bertentangan, beberapa diciptakan, tapi kami yakin dengan perjudian kami,” ucap Rubiales.

“Mediapro telah melakukan banyak events di Arab Saudi, tapi mereka terlihat seperti tidak peduli dengan nilai-nilai atau hak-hak (manusia). Tidak logis mengkritisi sesuatu dari sesuatu yang pernah dilakukan orang lain sebelumnya.”

Tidak semua memprotesnya, ide memainkan Piala Super Spanyol di Arab Saudi mendapatkan dukungan dari Presiden Atletico, Enrique Cerezo, dan Guillermo Amor, Direktur Barcelona terkait Hubungan Institusional.

“Ini (Piala Super Spanyol) berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Destinasinya sedikit lebih jauh, tapi itulah yang diputuskan federasi dan kami menerima keputusan itu,” ucap Amor.

“Memang benar itu dimainkan setelah Natal, tapi itu bukan masalah, kami harus siap dengannya, melakukan yang terbaik yang bisa kami lakukan dan memenanginya, ini soal mentalitas dan berpikir.”

“Jika RFEF telah memutuskan Piala Super dimainkan di sana maka kami akan bermain di sana,” timpal Cerezo.

“Bagi kami tidak masalah, berada di sana dan menikmatinya, tapi saya bisa bayangkan negara yang memberikan segala kenyamanan yang Anda butuhkan untuk jadi bahagia dan nyaman di sana,” pungkasnya.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?