DBAsia News

Bahasa Bukan Masalah bagi Unai Emery

DBasia.news –  Unai Emery belum fasih berbahasa Inggris. Meski begitu, hal tersebut tidak menghalanginya berbicara kepada pemain-pemain Arsenal.

Unai Emery masuk mengisi tempat yang ditinggalkan Arsene Wenger pada awal musim 2018-2019. Sebelumnya, ia melatih Paris Saint-Germain selama dua tahun.

Pada saat itu, Emery masih belum bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Tidak heran, manajer 47 tahun tersebut kerap meminta bantuan pada sang asisten, Freddie Ljungberg.

“Saya kira tidak,” jelas Unai Emery ketika ditanya apakah komunikasi menjadi masalah. “Saya punya komunikasi yang bagus dengan pada pemain. Khususnya secara individu dengan Bukayo Saka. Terkadang, saya menggunakan Feddie untuk melakukan percakapan secara individu dengan pemain.”

“Namun, saya juga berbicara sendiri dengan Saka di kantor sambil menyiapkan beberapa video. Saya punya video dengan pemain Inggris, Spanyol, Prancis, dan Jerman,” sambungnya.

Selama berkarier sebagai manajer, Unai Emery memang belum pernah menangani klub Inggris. Sebelumnya, ia menjadi nakhoda di CSKA Moscow, Sevilla, Valencia, Almeria, dan Lorca Deportiva.

“Mungkin, kemampuan bahasa Inggris saya dari satu sampai 10 berada pada nilai enam. Saya pikir para pemain dapat memahami saya. Jika tidak, saya bisa meminta bantuan.”

“Tahun lalu, pada hari pertama bekerja, saya berbicara kepada mereka dengan sangat buruk, lebih buruk dari hari ini. Sekarang, saya sudah berbicara menggunakan bahasa Inggris. Saya pikir sekarang lebih baik,” ungkap Emery.

Unai Emery akan memimpin Arsenal saat bertandang ke markas Manchester United pada lanjutan Premier League 2019-2020, di Stadion Old Trafford, Senin (30/9) waktu setempat. The Gunners belum pernah mengalahkan Man United di Old Trafford dalam 12 laga terakhir.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?