DBAsia News

Arteta Batal, Arsenal Segera Umumkan Unai Emery Pengganti Wenger

Arsene Wenger Ingin Anak Didiknya Segera Bangkit

IDNGoal.news, LONDON – Arsenal siap menunjuk mantan pelatih Paris Saint-Germain (PSG) Unai Emery sebagai manajer baru mereka untuk menggantikan Arsene Wenger. Ini sekaligus mematahkan kabar Mikel Arteta sebagai  juru taktik untuk musim depan.

Emery, yang bergabung dengan PSG pada Juni 2016, meninggalkan klub Ligue 1 Prancis tersebut pada akhir musim ini, setelah membawa mereka merebut treble domestik (Ligue 1, coupe de la ligue, dan coupe de france).

Pelatih asal Spanyol berusia 46 tahun itu sebelumnya menangani Sevilla, dan memenangi tiga edisi Liga Europa (2013/14, 2014/15, dan 2015/16).

BBC dikutip Reuters melaporkan bahwa proses rekrutmen pelatih  dipimpin oleh kepala eksekutif Arsenal Ivan Gazidis, kepala hubungan sepakbola Raul Sanllehi, dan kepala perekrutan Sven Mislintat. Pengumuman resmi dan konferensi pers direncanakan digelar akhir pekan ini.

Emery meninggalkan PSG saat kontraknya berakhir akhir musim ini. Meskipun telah membantu Les Parisien melanjutkan dominasi domestik, kepergian Emery menjadi kepastian lantaran gagal membuat kemajuan signifikan di Liga Champions untuk kampanye kedua berturut-turut.

PSG, yang telah memenangkan lima gelar liga Prancis dalam enam tahun dan dimiliki oleh Qatar Sports Investments dengan belanja besar, telah berusahha keras untuk sukses di panggung Eropa.

Pasukan Emery dikalahkan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions 2017/2018, meskipun memecahkan rekor transfer dunia saat mendatangkan striker Brasil Neymar Jr, dan tersingkir di fase yang sama musim lalu oleh Barcelona.

Neymar dibeli senilai  222 juta euro (Rp3,5 triliun) dari Barcelona jelang penutupan bursa transfer musim panas 2017 untuk membantu meningkatkan peluang PSG memenangkan kompetisi klub elite Eropa, dan Emery secara umum bertanggung jawab atas kampanye Liga Champions mereka yang mengecewakan.

Arsenal sedang mencari manajer baru, pertama  sejak tahun 1996 setelah Wenger hengkang pada akhir musim ini setelah hampir 22 tahun di klub London Utara di mana dia memenangkan tiga gelar Liga Primer dan tujuh Piala FA.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?