DBAsia News

Virgil van Dijk Sebut Faktor Kelelahan Jadi Alasan Timnas Belanda Takluk dari Italia

DBasia.news – Kapten tim nasional Belanda, Virgil van Dijk mengakui timnya tampil buruk saat menghadapi Italia dalam pertandingan kedua grup A1 UEFA Nations League. Belanda tunduk 0-1 dari Italia.

Gol Italia disumbang Nicolo Barella pada menit tambahan babak pertama. Belanda memang tampil mengecewakan pada laga melawan Italia. Bahkan Tim Oranye hanya menciptakan dua peluang sepanjang pertandingan.

“Ini performa yang buruk bagi kami. Kami tidak benar-benar bisa membuat Italia dalam tekanan. Kami ceroboh ketika menguasai bola. Kondisi lapangan juga tidak mendukung. Tapi, itu seharusnya tidak boleh dijadikan alasan.” ungkap Van Dijk, dikutip dari Sportskeeda.

Belanda sudah berusaha memperbaiki performa pada 45 menit kedua, tetapi menembus pertahanan Italia tidak mudah. Apalagi fisik para pemain Oranye yang terus menurun seiring waktu berjalan.

“Babak pertama tidak bagus. Setelah jeda, kami mencoba untuk membalikkan keadaan. Anda melihat berjalan baik pada waktu-waktu tertentu, tetapi secara umum itu tetap bukan pertandingan yang bagus,” jelas bek Liverpool.

“Anda sudah berusaha untuk mengatasi semua tekanan. Tapi pada suatu titik, para pemain juga terlihat kelelahan. Setelah itu sulit untuk menjaga performa. Ketika kami mendapatkan bola, sulit untuk terus berlari. Tapi, saya tidak akan menjadikan itu sebagai alasan,” tambah Van Dijk.

Van Dijk mengakui ada beberapa hal yang membuat Belanda tidak dapat mengerahkan kemampuannya hingga maksimal. Salah satunya adalah faktor kelelahan karena para pemain sempat melewati jadwal yang padat di kompetisi domestik bersama masing-masing klub.

Akibat kekalahan ini, Belanda harus terima turun ke posisi dua dengan tiga poin, selisih satu poin dari Italia yang naik ke puncak.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?