DBAsia News

Tite Menilai Level Pele Berbeda dengan Messi

DBasia.news –  Pelatih timnas Brasil, Tite, ternyata tidak rela jika Lionel Messi dibandingkan dengan legenda sepak bola asal negaranya, Pele. Tite menolak keyakinan yang menyebut Lionel Messi sebagai pesepak bola terbaik di dunia. Lionel Messi baru saja menjadi penyelamat Argentina saat berhadapan dengan Brasil pada laga persahabatan di Arab Saudi, Sabtu (16/11/2019).

“Messi lebih baik dari Pele? Pele tak ada bandingannya. Siapa pun yang ingin membandingkan Pele dengan atlet lain sesungguhnya tak tahu apa-apa. Messi luar biasa, tapi tetap manusia biasa. Pele adalah manusia luar biasa. Dia melebihi parameter normal,” kata Tite seperti dikutip dari Marca.

Pelatih berumur 58 tahun itu menegaskan, dirinya tidak bersikap subjektif dalam memandang sang legenda dan Lionel Messi. Faktanya, kata dia, Perola Negra memang sosok sempurna. Sangat jauh jika dibandingkan dengan La Pulga.

“Saya mengatakan ini bukan karena saya orang Brasil. Saya mengatakan ini karena saya melihat sejarah, kebesaran Pele, permainannya, teknik individualnya, sundulannya, kehebatan dua kakinya, kekuatannya, dan dorongan hatinya. Jika ingin mencari cacat, Anda tak akan mampu menemukannya,” urai Tite lagi.

Lebih jauh, Tite mengungkapkan faktor lain yang membuat Perola Negra terlalu agung untuk dibandingkan dengan Lionel Messi. “Jika itu semua belum cukup, Pele punya karisma luar biasa. Apa yang terjadi dengan Messi kemaren di lapangan, saya meminta kartu kuning, dia malah meminta saya tutup mulut,” ucap dia lagi.

Terlepas dari hal itu, Tite sepertinya sulit mencegah perbandingan sang legenda dengan Lionel Messi. Hasil laga timnas Argentina vs Uruguay jadi salah satu sebabnya. Pada laga itu, berkat satu golnya, La Pulga menjadi orang kedua dari Amerika Selatan yang mencetak 70 gol bersama tim nasional. Satu-satunya orang yang lebih dulu melakukan hal itu adaah Perola Negra dengan koleksi 77 gol bagi timnas Brasil.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?