DBAsia News

Tekuk Palestina, Juara Bertahan Piala Asia Jaga Kans Lolos Penyisihan Grup

timnas Australia

DBasia.news – Kekalahan 0-1 dari Yordania telah dilupakan juara bertahan Piala Asia, timnas Australia. Memainkan laga kedua grup B Piala Asia 2019 melawan Palestina, Jumat (11/1) malam WIB, Australia menang telak dengan skor 3-0.

Tim besutan Graham Arnold menang melalui gol yang diciptakan Jamie Maclaren (18′), Awer Mabil (20′), dan Apostolos Giannou (90′). Kemenangan itu menjaga asa lolos grup B menuju fase gugur.

Australia kini ada di peringkat dua dengan koleksi tiga poin, di bawah Yordania yang sudah lolos grup dengan raihan enam poin. Pada laga terakhir, Australia akan melawan Suriah.

Australia bisa lolos apabila bermain imbang, lalu di laga lainnya Yordania menang atau imbang melawan Palestina, atau cara sederhananya: Australia menang kontra Suriah.

“Sekarang fokus kami melawan Suriah. Kami akan segera berlatih kembali dan memulihkan diri. Kami akan memainkan laga melawan Suriah dengan segala kekuatan dan menargetkan kemenangan. Kami semakin baik setiap harinya,” tegas Arnold di The National.

Sementara di laga lainnya, grup C, kedua tim sudah dipastikan lolos ke fase gugur. Kedua tim itu adalah China dan Korea Selatan (Korsel). China menang telak atas tim Asia Tenggara, Filipina asuhan Sven-Goran Eriksson, dengan skor 3-0.

China arahan Marcello Lippi menang melalui dua gol yang dicetak Wu Lei (40′ dan 66′) dan satu gol dari Yu Dabao (80′). Kedua pelatih itu merupakan pelatih kondang di Eropa dan pada laga ini, dengan skuat yang lebih baik, Lippi memenangi pertarungan atas Eriksson.

China dan Korsel lolos dengan perolehan enam poin. Sementara Kirigistan dan Filipina sama-sama tidak meraih poin. Di waktu berbeda, Korsel menang 1-0 kontra Kirigitan via gol tunggal Kim Min-jae di menit 41.

Alhasil, kini sudah ada tiga tim yang lolos ke fase gugur. Selain Korsel dan China, Yordania juga memastikan satu tiket itu dengan perolehan enam poin dari grup B.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?