Soal Ditangkapnya Anggota Exco, Waketum: Ikuti Proses Hukum

Johar Lin Eng

DBasia.news – Anggotan komite eksekutif PSSI yang juga Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Tengah, Johar Lin Eng, ditangkap Polda Metro Jaya di Bandara Halim Perdanakusuma. Johar ditangkap terkait kasus pengaturan skor.

Operasi penangkapan Johar dipimpin Ipda Elia Umboh, dalam Satgas pemberantasan mafia sepak bola. Johar ditangkap tepat saat mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma.

Johar kemudian dibawa ke Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan. Polda Metro Jaya akan menetapkan status Johar usai diperiksa terkait kasus pengaturan skor.

Nama Johar mencuat di acara Mata Najwa, pada 19 Desember 2018. Ketika itu, manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indaryani menyebut nama Johar sebagai pihak yang menawari timnya untuk terlibat kasus pengaturan skor.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Joko Driyono, memberikan tanggapannya. Sejauh ini, PSSI belum melakukan langkah apapun.

“Komentar saya singkat saja kita ikuti proses hukum yang berjalan,” kata Joko.

Pihak Kepolisian memang sedang gencar membasmi pengaturan skor di sepak bola Indonesia, melalui pembentukan Satuan Tugas (Satgas). Ada pelanggaran hukum negara yang bisa menjerat para tersangka, tanpa melanggar statuta FIFA, sebagai induk sepak bola dunia yang tak memperbolehkan adanya intervensi pemerintah dalam menyelesaikan masalah anggotanya (PSSI).