DBAsia News

Rivaldo Desak Barcelona Cari Suksesor Lionel Messi dan Luis Suarez

DBasia.news – Barcelona harus mulai menyusun rencana untuk masa depan, kata Rivaldo, dengan ia menyarankan raksasa LaLiga itu untuk mencari pengganti Lionel Messi dan Luis Suarez yang mulai menua.

Klub asal Catalunya itu tengah mengalami penurunan setelah kalah bersaing dengan rival abadi Real Madrid yang keluar sebagai juara di kompetisi teratas Spanyol, selagi skuad pasukan Zinedine Zidane itu tergolong lebih muda.

Ketidakmampuan Barcelona mempertahankan keunggulannya di puncak setelah restart kompetisi membuat Messi menjadi salah satu pihak yang menyuarakan kekhawatirannya akan arah klub di masa depan.

Adapun membangun ulang skuad adalah hal yang wajib bagi semua klub demi melanjutkan kesuksesan, dan Rivaldo meminta mantan klubnya itu untuk bermanuver di bursa transfer karena Messi dan Suarez hanya akan bermain beberapa tahun lagi di level tertinggi.

“Luis Suarez sekarang 33 tahun dan kontraknya habis pada akhir musim depan,” kata Rivaldo kepada Betfair.

“Dia masih bisa bermain dua atau tiga musim lagi di level tertinggi, namun ini selalu menjadi hal yang sehat bagi klub untuk berpikir soal siapa yang akan menggantikan dia dan bahkan mendatangkan pemain baru jika itu memungkinkan. Hal yang sama berlaku untuk Messi.

“Peremajaan skuad adalah bagian dari sepakbola dan banyak pemain hebat yang sebelunya bermain di Barcelona pada akhirnya pergi di satu titik – termasuk saya, Romario, Ronaldinho atau [Diego] Maradona adalah sejumlah contoh – karena suatu hari nanti usia Anda bakal mulai berpengaruh [pada tubuh].

“Para pemain datang dan pergi tapi klub tetap bertahan, jadi Anda harus selalu memikirkan pemain baru sekalipun Anda merasa puas dengan skuad saat ini. Itu adalah hal yang normal untuk klub mana pun di dunia.”

Sekarang ini masih diragukan apakah pelatih Quique Setien akan diberi kesempatan untuk membangun ulang skuad Barca, dengan Rivaldo berharap muka lama yang nantinya melatih di Camp Nou.

Dia menambahkan: “Xavi terlihat sebagai manajer yang tepat untuk membawa Barca menjalani periode perubahan karena dia sangat paham klub ini dan dia bisa bekerja untuk mengembangkan pemain muda di klub.

“Dia punya kesempatan untuk mengambil tugas itu sebelum Barca mengontak Setien, namun sosok Spanyol itu telah memutuskan bahwa dia belum siap untuk melatih klub yang ia cintai. Saya yakin dia akan berubah pikiran dalam waktu dekat dan menjadi manajer Barcelona.

“Saya tidak tahu apakah itu akan terjadi pada musim panas ini namun saya yakin itu ada di tangan dia untuk memutuskan mengingat direksi Barca telah menunjukkan ketertarikannya kepada dia.”

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?