DBAsia News

PSSI Akui Ada Kesalahan Operator Putar Lagu Korut di Laga Korsel

PSSI

DBasia.news – Ada pemandangan menarik ketika laga kedua Grup C Piala Asia U-19 2018. Di mana, lagu kebangsaan Korea Selatan yang berjudul Aegukga, salah diputar menjadi lagu kebangsaan Korea Utara, Aegukka.

Salah putar lagu kebangsaan tersebut, terjadi saat Korea Selatan U-19 ketika menghadapi Yordania U-19 pada partai kedua Grup C Piala Asia U-19 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (22/10).

PSSI melalui Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital, Gatot Widakdo memberikan penjelasan. Gatot pun meminta maaf atas kelalaian ini.

Gatot menyatakan kesalahan itu murni keluputan operator Stadion Patriot yang memutar lagu kebangsaan. Gatot juga menambahkan bahwa operator juga telah melakukan latihan sebelum memutar lagu kebangsaan suatu negara.

Timnas Korea Selatan U-19

“Sudah dicoba, sudah oke. Semuanya tidak ada masalah. Tiba-tiba pada saat main, itu operatornya mainkan lagu orang Korea Utara. Sudah ikut rehearsal juga,” kata Gatot di Jakarta, Selasa (23/10).

“Operator mengakui kesalahan itu. Dan itu kan sudah ada semuanya lagu kebangsaan masing-masing negara. LOC kita (PSSI) sudah menyampaikan permintaan maaf ke Korea Selatan,” katanya menambahkan.

Akibat kesalahan ini, operator pemutar lagu kebangsaan di Piala Asia U-19 di Patriot pun diganti. Gatot mengatakan, pihaknya belum menerima surat protes secara resmi dari Korea Selatan.

“Surat protes resmi dari Korea Selatan belum ada,” imbuh Gatot.

“Itu sudah kita ganti. Itu kan (operator) dari stadion. Kalau untuk AFC ini tidak digunakan lagi,” tuturnya.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?