DBAsia News

Penyerang Rekrutan Arsenal Sejak Ditinggal Thierry Henry: Gabriel Jesus paling Oke!

DBasia.news – Arsenal pernah dikenal sebagai tim komplet di Liga Inggris. Lini pertahanan solid, lini tengah dominan, dan lini serang begitu tajam dengan adanya Thierry Henry sebagai ujung tombak.

Henry bisa disebut sebagai salah satu terhebat sepanjang sejarah Arsenal. Sejak kedatangannya dari Juventus pada 1999 sampai kepergiannya ke Barcelona pada 2007, Henry memahat torehan mengilap di lemari trofi The Gunners.

Legenda asal Prancis yang kini berusia 45 tahun itu memberi dua gelar Liga Inggris, tiga kali Piala FA, dan dua trofi FA Community Shield. Selain itu, King Henry juga masih menempati daftar pencetak gol terbanyak The Gunners dengan torehan 227.

Arsene Wenger, mantan bos Henry, memuji pemain kesayangannya itu setinggi langit. “Dia luar biasa dan sangat berbahaya,” kata Wenger, beberapa waktu lalu, seperti dilansir Sky Sports.

Namun, sayangnya, setelah Henry angkat kaki, Arsenal tak mudah menemukan kembali ketajaman layaknya sang legenda. Barisan pemain yang datang hanya bersifat ‘digadang-gadang’, tanpa ada realisasi besar. Yuk simak selengkapnya, Bolaneters!

Eduardo

Setelah Henry merapat ke Camp Nou, Arsenal tak butuh waktu lama mencari penggantinya. Manajemen menganggap Eduardo, dari Dinamo Zagreb, jadi sosok tepat guna meneruskan peran Henry,

Awalnya, Eduardo telat panas. Maklum, pemain Kroasia itu masih butuh waktu beradaptasi dengan Premier League. Pelan namun pasti, Eduardo mulai nyetel dan gol pun sudah mulai mengalir.

Sial, Eduardo mengalami patah kaki saat bentrok kontra Birmingham pada Februari 2008. Usai cedera, Eduardo justru kehilangan tempat dan sering terlihat manyun di bangku cadangan.

Pada 2010, si ganteng kelahiran 25 Februari 1983 itu memilih pergi. Saat itu, tambatan hatinya adalah terbang ke Shakhtar Donetsk.

Danny Welbeck

Sempat tampil buas via gol-gol berkelasnya, Welbeck perlahan tenggelam lantaran badai cedera yang kerap menderanya. Walhasil, eks tukang Manchester United itu benar-benar dilupakan saat The Gunners menjualnya ke Watford pada 2019.

Ada beberapa periode yang membuat fans masih teringat Welbeck. Satu di antaranya terjadi ketika ia menjadi penentu kemenangan Arsenal saat mengalahkan MU, pada perempat final Piala FA di Old Trafford.

Pierre-Emerick Aubameyang

Sebelum pindah ke Barcelona dan Chelsea, karier Aubameyang di Arsenal mengalami pasang surut (2018-2022). Auba datang dari Borussia Dortmund pada 2018.

Ia sempat mendapat kritik. Namun, Aubameyang bangkit dan dalam 50 pertandingan Premier League, ia memiliki rekor mencetak gol, yakni 33 gol, dan itu lebih baik dibanding Thierry Henry (30).

Pada 2018/2019, Aubameyang, bersama M Malah dan Sadio Mane (Liverpool) sukses menggondol Sepatu Emas. Ketiganya sama-sama mengepak 22 gol. Sayang, waktu itu ia gagal membawa Arsenan memenangkan Premier League,

Aubameyang memang tak mengecewakan. Akan tetapi, dia tak seperti Henry yang membawa The Gunners juara Liga Inggris.

Eddie Nketiah

Sebelum Gabriel Jesus menepi lantaran cedera, Nketiah lebih sering bermain dari bangku cadangan. Tapi, kini, jebolan Akademi Arsenal itu mendapat kepercayaan penuh dari Mikel Arteta guna mengisi posisi yang ditinggalkan Jesus.

Permainan striker berusia 23 tahun ini terus berkembang, kendati sempat dipinjamkan ke Leeds United pada musim 2019/2020. Walau masih jauh berada di bayang-bayang Henry, Nketiah punya potensi.

Satu di antaranya adalah menorehkan sejarah musim ini, kaitannya dengan kans The Gunners menjadi yang terbaik di Premier League. Jika berhasil, Nketiah layak menuju jejak sang legenda.

Gabriel Jesus

Striker ber-KTP Brasil ini belum bisa main karena masih menjalani pemulihan cedera lutut. Bencana itu menimpanya saat membela Timnas Brasil di Piala Dunia 2022.

Sukses Arsenal masih bertahan di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023 tak lepas dari kontribusi Jesus. Fans berharap, tombak berusia 25 tahun itu segera pulih serta kembali memimpin lini depan Meriam London dalam perburuan gelar musim ini.

Mengingat Jesus baru join dari Manchester City tahun lalu, tak menutup kemungkinan akan mengukir namanya sejajar dengan Henry.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?