DBAsia News

Pencapaian Buffon Selama 17 Musim Bela Juventus

IDNGoal.news, TURIN – Perjalanan Gianluigi Buffon bersama Juventus telah selesai. Buffon memutuskan untuk tak lagi membela Bianconeri –julukan Juventus– di musim depan. Meski begitu, Buffon mengatakan sangat senang dapat membela Juventus dan mengakhirinya dengan cara yang indah.

Keputusan Buffon yang tak lagi membela Juventus di musim depan itu pun dengan cepat langsung menyebar. Banyak yang menyayangkan, namun banyak pula yang mengapresiasi keputusan kiper berkebangsaan Italia tersebut.

Terlepas dari itu semua, wajar saja jika banyak Juventini –julukan pendukung Juventus– yang merasa sedih karena akan kehilangan salah satu pemain yang sangat penting bagi Juventus. Bagaimana tidak, perjalanan karier antara Buffon dengan Juventus terjalin begitu lama. Setidaknya, Buffon telah membela Juventus selama 17 tahun.

Buffon pertama kali bergabung dengan Juventus ketika diboyong dari AC Parma pada bursa transfer musim panas 2001, dengan mahar 52 juta euro atau sekira Rp863 miliar. Nominal tersebut lantas membuat Buffon menjadi kiper termahal pada saat itu.

Selama 17 tahun tersebut, Buffon telah melakoni 655 pertandingan bersama Juventus. 508 di antaranya merupakan pertandingan di Liga Italia, lalu 15 laga saat bermain di Coppa Italia, 124 pertandingan di kompetisi Eropa, dan delapan pertandingan lainnya.

Berbagai gelar pun Buffon persembahkan kepada Juventus, seperti sembilan kali menjuarai Liga Italia, lima kali memenangi Piala Super Italia, empat kali meraih trofi Coppa Italia, dan satu gelar juara Serie B.

Sebagai orang terakhir yang berada di lini pertahanan Juventus, Buffon terbilang sangat baik menjaga gawangnya tersebut dari serangan lawan. Terhitung dari total 655 laga bersama Juventus, Buffon dapat membuat Clean sheet atau tidak kejebolan satu gol pun sebanyak 310 pertandingan. Hampir setengah dari total pertandingan dapat ia amankan dengan baik.

Tak hanya itu saja, Buffon pun pernah meraih gelar individu, yakni sebagai pemain terbaik Eropa musim 2003 lantaran ia mampu memperlihatkan permainan yang sangat luar biasa di musim tersebut.

Pencapaian tersebut tentunya akan semakin membuat sosok Buffon tak akan tergantikan di Juventus. Kini, perjalanan karier Buffon masih belum diketahui. Apakah ia akan melanjutkan di klub lain? ataukah akan benar-benar berhenti sebagai pemain dan memutuskan untuk pensiun di usianya yang menginjak 40 tahun tersebut

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?