DBAsia News

Pelatih Hertha Berlin Tidak Memiliki Lisensi Pelatih Sah

DBasia.news –  Pelatih Hertha Berlin, Juergen Klinsmann tidak memiliki lisensi kepelatih yang valid. Hal ini membuat posisinya dipertanyakan saat Bundesliga 1 kembali bergulir pada akhir pekan nanti.

Menurut laporan Bild, Juergen Klinsmann memang memegang lisensi kepelatihan. Namun, lisensi itu telah kedaluwarsa pada akhir 2012. Sesuai aturan yang berlaku, dia harus memperbarui lisensinya untuk dapat menangani sebuah klub di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Jerman itu.

Klinsmann mendapatkan lisensi kepelatihan lewat kursus khusus yang diadakan DFB untuk para eks pemain timnas Jerman pada 2000. Lisensi itu harus diperpanjang setiap tiga tahun dengan berpartisipasi pada 20 pelatihan dengan bukti yang sah.

Ada satu cara yang dapat membuat lisensi yang telah kedaluwarsa pada 31 Desember 2012 itu kembali valid. Namun, caranya terbilang sulit. Pasalnya, Juergen Klinsmann harus membuktikan partisipasi dalam setidaknya 60 unit pelatihan lanjutan.

Sejauh ini, belum ada keterangan resmi yang diberikan DFB dan manajemen Hertha Berlin terkait lisensi kepelatihan pria berumur 55 tahun tersebut. Namun, secara pribadi, Klinsmann menilai hal itu bukan masalah besar.

Klinsmann Tenang-Tenang Saja

“Semuanya terkendali. Itu sama sekali bukan masalah. Lisensi itu ada di dalam laci di suatu tempat di rumah saya di California. Kami akan menemukannya,” kata Juergen Klinsmann seperti dikutip dari BZ Berlin.

Lebih lanjut, kapten timnas Jerman saat menjuarai Piala Eropa 1996 itu mengungkapkan, “Saya memiliki tiga sertifikat. Satu dari liga, dua dari asosiasi negara. Masalahnya, semua dokumen itu harus dikirim dari Amerika.”

Juergen Klinsmann pun siap bila kemudian diminta mengikuti kursus kepelatihan lagi apabila memang lisensi kepelatihan yang dipegangnya dinilai tidak valid. Dia justru dengan senang hati akan menjalani hal itu.

“Jika harus mengikuti kursus kepelatihan terdekat, saya akan sangat senang untuk berpartisipasi. Saya menilai kursus-kursus itu sangat menarik. Saya kira tak akan semacam hukuman atau sejenisnya,” urai Juergen Klinsmann lagi.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?