Pau Lopez, Wujud Kiper Modern

DBasia.news –  Pau Lopez kiper baru AS Roma, sudah mulai pamer kebolehannya yang piawai menggunakan kedua kakinya di Serie A 2019-20.

Kiper modern tak cuma dituntut untuk melakukan serangkaian aksi penyelamatan gemilang, tetapi juga diminta turut aktif terlibat dalam konstruksi permainan tim. Pau Lopez sejauh ini mampu menjawab tuntutan tersebut.

Lopez sering tampil sebagai hulu permainan tim via operan-operan pendeknya. Paulo Fonseca memang secara khusus meminta personel Roma untuk lebih sabar dalam merancang serangan.

Dalam dua laga Serie A musim ini, Lopez tercatat melepas 54 operan, jumlah yang tergolong banyak untuk seorang penjaga gawang. Operan yang berasal dari kaki Lopez bahkan sedikit lebih banyak dari Nicolo Zaniolo (53 operan).

Hal lain yang patut mendapatkan sorotan lebih adalah kemampuan Lopez untuk melepas operan panjang. Dalam situasi transisi atau serangan balik, operan panjang nan akurat begitu krusial untuk memberikan efek kejut buat lawan.

Lopez menjadi pemain Roma yang mencatat operan panjang akurat paling banyak. Sang kiper asal Spanyol mendapati 13 operan panjangnya sukses menemui sasaran.

Personel Giallorossi yang paling mendekati catatan Lopez itu adalah Alessandro Florenzi dan Bryan Cristante yang masing-masing mengemas 8 operan panjang akurat.