DBAsia News

Patrik Schick Jadi Kunci Kemenangan Ceko Atas Skotlandia

DBasia.news – Tuan rumah Skotlandia dibuat tak berkutik oleh Republik Ceko di laga pertama grup D Piala Eropa 2020 di Hampden Park, Senin (14/06) malam WIB. Ceko menang 2-0 melalui dua gol (brace) Patrik Schick.

Jalannya Laga

Didukung suporter tuan rumah di Hampden Park, Skotlandia bermain dengan determinasi tinggi sejak awal laga dengan taktik 3-5-2 yang diterapkan Steve Clarke, mengandalkan Ryan Christie dan Lyndon Dykes di lini depan.

Akan tapi pertahanan Republik Ceko masih sulit ditembus. Selain kiper Tomas Vaclik tampil bagus, pertahanan Ceko yang digalang Tomas Kalas juga kukuh terutamanya karena mereka dilapis oleh Tomas Soucek.

Sejumlah peluang tercipta dan memaksa David Marshall (kiper Skotlandia) dan Vaclik melakukan penyelamatan. Republik Ceko tak bermain agresif, tetapi bermain efisien dan mengandalkan situasi bola mati hingga bola lambung.

Skotlandia pun dibuat patah hati tepat jelang turun minum. Pada menit 42 striker Bayer Leverkusen, Patrik Schick mengalahkan Liam Cooper dan Grant Hanley kala menyambut umpan silang Vladimir Coufal. Ceko unggul 1-0.

Che Adams masuk di awal babak kedua menggantikan Ryan Christie di kubu Skotlandia. Tetapi bukannya mencetak gol mereka malah tertinggal jauh dari gol kedua Schick di menit 52 dari situasi tak terduga.

Permainan Skotlandia yang dibangun Jack Hendry dihentikan oleh Soucek, bola direbut oleh Schick dan ia menendang bola dari tengah lapangan dan Marshall gagal mencegah bola yang datang ke gawangnya. Ceko unggul 2-0.

Laga memasuki 15 menit terakhir dan belum ada balasan gol dari Skotlandia. Sejumlah pergantian pemain telah dilakukan kedua tim, Clarke bahkan sudah menggunakan lima pergantian pemain dengan memaikan Adams, Kevin Nisbet, James Forrest, Callum McGregor, dan Ryan Fraser.

Tidak ada lagi gol yang tercipta sampai tambahan waktu plus lima menit di babak kedua berakhir. Republik Ceko mengalahkan Skotlandia dengan skor 2-0.

Susunan Pemain:

Skotlandia (3-5-2): David Marshall; Jack Hendry (Callum McGregor 67′), Liam Cooper, Grant Hanley; Andrew Robertson, Scott McTominay, John McGinn, Stuart Armstrong (Ryan Fraser 67′), Stephen O’Donnell (James Forrest 79′); Ryan Christie (Che Adams 46′), Lyndon Dykes (Kevin Nisbet 79′).

Pemain Cadangan: Che Adams, Scott McKenna, Billy Gilmour, Kevin Nisbet, Jon McLaughlin, James Forrest, David Turnbull, Ryan Fraser, Callum McGregor, Craig Gordon, Greg Taylor, Nathan Patterson.

Pelatih: Steve Clarke

Republik Ceko (4-2-3-1): Tomas Vaclik; Jan Boril, Tomas Kalas, Ondrej Celustka, Vladimir Coufal; Tomas Soucek, Alex Kral (Tomas Holes 67′); Jakub Jankto (Adam Hlozek 72′), Vladimir Darida (Petr Sevcik 87′), Lukas Masopust (Matej Vydra 72′); Patrik Schick (Michal Krmencik 87′).

Pemain Cadangan: Michal Krmencik, Adam Hlozek, Matej Vydra, Tomas Pekhart, Jakub Brabec, Antonin Barak, David Zima, Petr Sevcik, Tomas Holes, Ales Mandous, Pavel Kaderabek, Ales Mateju.

Pelatih: Jaroslav Silhavy

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?