DBAsia News

Neymar Samai Pencapaian Lionel Messi di Liga Champions

DBasia.news – Neymar mencatatkan namanya dalam sejarah setelah memainkan peran krusial guna membantu Paris Saint-Germain mengamankan kemenangan dramatis 2-1 atas Atalanta di babak perempat-final Liga Champions, Kamis (13/8) dini hari WIB tadi.

Dengan timnya tertinggal 1-0 jelang injury time babak kedua, mantan bintang Barcelona itu kemudian memberi assist untuk dituntaskan Marquinhos menjadi gol penyama sebelum Eric Maxim Choupo-Moting mencetak gol kemenangan bagi pasukan Thomas Tuchel.

Meski semalam bukan performa sempurna dari Neymar, yang sempat melewatkan kesempatan emas mencetak gol di menit kelima pertandingan, tekadnya untuk meloloskan PSG ke semi-final terlihat jelas.

Melawan Atalanta, penyerang 28 tahun itu mencatatkan 16 dribel komplet, sama banyaknya seperti yang diukir Lionel Messi dan Javier Zanetti di Liga Champions.

Adapun pertandingan semalam awalnya tidak berjalan mulus untuk PSG ataupun Neymar, dengan Atalanta membuka papan skor di menit ke-27 melalui Mario Pasalic.

Terlepas aksi impresif Neymar dalam memainkan bola di kakinya, pemain internasional Brasil itu kesulitan untuk mencari sentuhan akhir, dengan ia melewatkan dua peluang besar di 45 menit pertama.

Tapi eks Santos tersebut tetap gigih, dengan menciptakan empat peluang sebelum akhrinya memberi assist kepada rekan senegaranya Marquinhos di menit ke-90. Neymar kemudian memberi umpan kepada Mbappe di dalam kotak penalti Atalanta beberapa menit berselang, yang lantas diteruskan ke Choupo-Moting untuk dituntaskan lewat tap-in.

Kemenangan PSG 2-1 membuat juara Ligue 1 itu melaju ke semi-final Liga Champions untuk kali pertama sejak musim 1994/95. Mereka terakhir kali melakukan itu di bawah arahan pelatih Luis Fernandez.

Meski Neymar memainkan peran pentingnya dalam kemenangan ini, Mbappe terbukti menjadi pemain pengganti yang memberi perbedaan dengan 56 persen tendangan PSG di 30 menit terakhir terjadi setelah bintang Prancis itu masuk, selagi tidak ada pemain lain yang melepaskan shots on target lebih banyak dari bakat 21 tahun tersebut.

Mbappe bermasalah dengan cedera jelang babak perempat-final ini namun bisa pulih tepat waktu untuk masuk skuad dan akhirnya menunjukkan kelasnya.

PSG sekarang akan menunggu pemenang antara Atletico Madrid dan RB Leipzig, yang baru akan memainkan babak perempat-final pada Jumat (14/8) dini hari WIB nanti.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?