DBAsia News

Manchester City Tim Paling Mahal

DBasia.news –  Manchester City baru saja mencetak rekor baru. Mereka jadi klub pertama sepanjang sejarah sepak bola yang nilai skuatnya menembus satu miliar euro.

Manchester City selama ini sudah mengeluarkan 1 milyar euro lebih untuk menggaet pemain. Mereka unggul tipis di atas Paris Saint-Germain yang mengeluarkan 913 juta euro di bursa transfer selama ini.

Keberhasilan The Citizen mencatatkan rekor ini tentu tak lepas dari keberadaan investor terpandang Abu Dhabi, Syeikh Mansour, yang mengakuisi klub 2009 silam. Sejak saat itu hampir tidak ada pemain yang tidak bisa mereka datangkan.

Nama-nama tenar berbanderol mahal pun berhasil didaratkan ke Stadion Etihad seperti Robinho, Sergio Aguero, Kevin De Bruyne, Aymeric Laporte, Riyad Mahrez, dll.

Di sisi lain, terdapat perbandingan yang sangat jauh pada skuat termahal dan termurah di Premier League. Skuat City 32 kali lebih mahal dibanding Norwich City. Tapi perbandingan di Inggris ini terbilang masih masuk akal dibanding apa yang terjadi LaLiga Spanyol dan Ligue 1 Prancis.

Di Spanyol, Real Madrid yang memiliki skuat termahal sangat berbeda jauh dengan tim termurah, Real Mallorca. Skuat klub ibu kota 148 kali lipat lebih mahal. Sedangkan di Ligue 1, skuat PSG 114 kali lebih mahal daripada Nimes.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?